Kamis, 21 Februari 2019

Peringati HPSN, Bupati Lampura Mengucapkan HPSN 2019


LAMPUNG UTARA – wartaekspres.com - Hari Peduli Sampah Nasional diperingati setiap tanggal 21 Februari, setelah Kementerian Negara Lingkungan Hidup mencanangkan 21 Febuari 2006 lalu sebagai Hari Peduli Sampah untuk pertama kalinya.
Peringatan ini muncul atas ide dan desakan dari sejumlah pihak untuk mengenang peristiwa di Leuwigajah, Cimahi, Jawa Barat, pada 21 Februari 2005, di mana sampah dapat menjadi mesin pembunuh yang merenggut nyawa lebih dari 100 jiwa.
Pada peristiwa naas tersebut terjadi akibat curah hujan yang tinggi dan ledakan gas metana pada tumpukan sampah. Akibatnya 157 jiwa melayang dan dua kampung, yakni Cilimus dan Kampung Pojok, hilang dari peta karena tergulung longsoran sampah yang berasal dari Tempat Pembuangan Akhir Leuwigajah.
Sehingga tragedi ini memicu dicanangkannya Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) yang diperingati tepat di tanggal insiden itu terjadi.
Terkait HPSN tersebut, Bupati Lampung Utara (Lampura), H. Agung Ilmu Mangkunegara, S.STP, MH, melalui Medsos Dinas Kominfo Lampura mengucapkan HPSN, Kamis (21/2/2019).
"Selamat Hari Peduli Sampah Nasional tahun 2019. Mari kelolah sampah untuk hidup bersih, sehat dan bernilai," katanya dalam tayangan video di FB Diskominfo Lampura. (F15)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Oknum Perangkat Desa Ditangkap Satreskrim Polres Purworejo

PURWOREJO - wartaexpress.com - Man (35) warga Desa Lubang Sampang yang juga merupakan Perangkat Desa diamankan Satreskrim Polres Purworejo....