Jumat, 22 Februari 2019

Kotak Suara dan Bilik Suara Mengalami Selisih


FAKFAK – wartaekspres.com - Terkait jumlah logistik Pemilu 2019, KPU Kabupaten Fakfak mengalami selisih, untuk kotak suara dan bilik suara selisih kurang. “Kotak suara lebih 225 unit, dan bilik suara kurang 5 unit, Rabu (20/2/2019).
Kasubag Umum Kepegawaian Keuangan dan Logistik KPU Kabupaten Fakfak, Ochen Wairot, SE, MM, mengatakan, bahwa untuk kotak suara sesuai permintaan sebanyak 1.440 unit, sememtara mereka terima dari KPU-RI berdasarkan berita acara yang ada sebanyak 1.652, bahkan setelah disortir jumlah fisiknya 1.665 unit, artinya selisih lebih 225 unit dalam keadaan baik.
Dikatakan Ocen, bahwa untuk kotak suara yang lebih 225 unit tersebut akan disebarkan di 17 Distrik/PPD di Kabupaten Fakfak, sehingga total yang akan diterjunkan ke distrik sebanyak 187 kotak, tujuannya adalah agar bagaimana menampung seluruh logistik dan berbagai formulir untuk persiapan rekapitulasi di tingkat distrik.
Penjelasan Ketua Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Kabupaten Fakfak, Dekry Dihuru Radjaloa mengenai kekurangan bilik suara, bahwa semula sesuai permintaan KPU Kabupaten Fakfak ke KPU-RI jumlah kuota 1.152 unit, sementara yang dikirim dan diterima oleh KPU Kabupaten Fakfak sebanyak 1.147 unit, artinya logistik itu mengalami kekuarangan 5 unit.
Hal tersebut yang dilakukan KPU adalah, ketersediaan logistik pemilu berupa bilik suara sesuai kapasitas pemilih, jika beberapa distrik seperti Pariwari, Fakfak Kota, dan Fakfak Tengah, KPU tetap siapkan 4 bilik sesuai ketentuan maksimal.
“Namun untuk daerah-daerah seperti di kampung, KPU bisa siapkan paling tinggi 3 atau paling rendah 2 bilik, jumlah pemilih tidak padat seperti 3 distrik seperti yang disebutkan,” terang Wairoy.
Dikatakan Wairoy, bahwa permintaan pengadaan 1.152 sedangkan sesuai pengadaan di berita acara KPU-RI masuk sebanyak 1.137. “Selanjutnya saat perhitungan secara manual diterimah di KPU Fakfak ternyata jumlahnya sebanyak 1.147 alias kekurangan 5 bilik suara,” urainya. (Fan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Oknum Perangkat Desa Ditangkap Satreskrim Polres Purworejo

PURWOREJO - wartaexpress.com - Man (35) warga Desa Lubang Sampang yang juga merupakan Perangkat Desa diamankan Satreskrim Polres Purworejo....