Rabu, 27 Februari 2019

Polda Sumut Gelar Dialog Tokoh Lintas Agama dan Deklarasi Pemilu Damai, Di Mapolres Nias


GUNUNGSITOLI - wartaekspres.com - Kepolisian Resor Nias, Daerah Sumatera Utara, melaksanakan Dialog Tokoh Lintas Agama dan Deklarasi Pemilu Damai tahun 2019 di wilayah Hukum Mapolres Nias, Rabu (27/2/2019) pagi.
Pelaksaan dialog tersebut di Aula Kamtibmas Mapolres Nias, dengan tema "Peran Tokoh Lintas Agama Dalam Mewujudkan Pemilu Damai Tahun 2019".
Pada kegiatan Dialog Tokoh Lintas Agama Sumatera Utara dengan narasumber dari Komisioner KPU Gunungsitoli Happy S. Harefa, Ketua FKUB Sumatera Utara, H. Maratua Simanjuntak, Ketua MUI Sumatera Utara H. Hasan Bakti Nasution, PGI Sumatera Utara Pdt. Hotman Hutasoit, dan Keuskupan Sumatera Utara Pastor Benno Ola Tage.
Sambutan Kapolda Sumut dibacakan oleh Kapolres Nias, menyatakan terima kasih kepada tokoh-tokoh lintas agama yang telah hadir dengan berkomitmen untuk menciptakan persatuan dan kesatuan demi mewujudkan Pemilu Damai tahun 2019 khususnya di daerah Sumatera Utara. “Semoga kegiatan ini membawa berkah bagi kehidupan keagamaan dan iklim demokrasi positif untuk memajukan dan mensejahterakan bangsa Indonesia,” ujarnya.
Pada prinsipnya semua agama mengajarkan kebaikan dan tidak ada satupun agama yang mengajarkan untuk berbuat jahat dan menganggap agamanya paling benar. “Kita menjalankan keyakinan masing-masing tanpa menyalahkan agama orang lain, sehingga tercipta kerukunan antara umat beragama yang bisa mempererat persatuan dan kesatuan Republik Indonesia,” lanjutnya.
“Jalin hubungan antara umat beragama dan sesama manusia guna menjaga keutuhan NKRI. Memasuki masa kampanye dikhawatirkan akan terjadi kecurangan dan tindak pidaba lainnya berupa kampanye hitam dan ujaran kebencian yang dilakukan oleh pihak yang tidak bertanggungjawab baik melalui dunia maya maupun secara terang-terangan,” imbuhnya.

“Mari kita bersikap dewasa dan bijak dalam mengambil keputusan pada Pemilu Damai tahun 2019. Bersama-sama kita menjaga keamanan menjelang pemilu khususnya di Wilayah hukum Mapolresres Nias,” ujar Kapolres Nias.
Sementara paparan Wadir Binmas Polda Sumut, menyebutkan agar melakukan sinergitas dalam rangka mensukseskan Pileg dan Pilpres pada Pemilu 2019, sehingga memberi kesejukan di tengah-tengah masyarakat, ucapnya.
Membangun kesadaran masyarakat agar terlibat aktif dalam mensosialisakan masalah hukum terkait Pemilu 2019. Bersatu padu dalam menjaga kondisi yang aman ditengah-tengah masyarakat.
Peran tokoh lintas agama tidak terlepas untuk menjaga keutuhan NKRI, tidak menonjolkan perbedaan oleh karena keberagamaan menjelang pemilu damai 2019 yang dapat memicu dan menimbulkan konflik.
“Jiwa nasionalisme dan bela negara harus dipertahankan agar tidak terpecah belah, memberi bimbingan dan arahan kepada para tokoh-tokoh masyarakat untuk menolak hoax dan ujaran kebencian, akan timbul potensi manipulasi dan kerawananan apabila tidak saling bersinergi lebih mengutamakan pencegahan dari pada penegakan hukuman pada pelaksanaan pemilu tahun 2019,” paparnya.
Isi Deklarasi Tokoh Lintas Agama Sumatera Utara menghadapi Pemilu tanggal 17 April 2019 yang dibacakan oleh Ketua MUI Kabupaten Nias Utara M. Yusuf Zebua, untuk menyongsong Pemilu serentak pada tanggal 17 April 2019 yang akan datang.


Kami peserta dialog tokoh lintas agama Sumatera Utara bertempat di Aula Kamtibmas Polres Nias mendeklarasikan pemilu damai, santun dan menyejukkan. Untuk itu, kami menyatakan sikap, Meminta kepada seluruh umat beragama agar tetap memelihara kerukunan dan kedamaian yang telah terbangun selama ini.
Meminta supaya semua partai politik dalam setiap kampanye, senantiasa menampilkan kampanye damai, santun dan menyejukkan serta berkompetisi secara sehat. Meminta supaya segenap juru kampanye dapat menghindari narasi yang berdimensi SARA, ujaran kebencian dan hoaks.
Menghimbau segenap umat beragama agar dapat berpartisipasi aktif bagi terselenggaranya pemilu yang berkualitas dengan mengedepankan kerukunan dan memberikan hak suara sesuai dengan pilihan masing-masing.
“Meminta supaya KPU, Bawaslu dan aparat penegak hukum senantiasa menegakkan supremasi hukum demi terselenggaranya pemilu yang jujur, adil, aman, damai, dan berkualitas,” harapnya 
Pada kegiatan tersebut turut hadir, Wadir Binmas Polda Sumut AKBP Parluatan Siregar, Kasubdit Polmas Dit Binmas Polda Sumut AKBP Fatmah Nasution, Kapolres Nias AKBP Deni Kurniawan, S.OK, MH, Wakili Dandim 0213/Nias, Kepala BNN Kota Gunungsitoli AKBP Faduhusi Zendrato, SH, MH, Wakil Bupati Nias Arosokhi Waruwu, SH, MH, Wakil Bupati Nias Utara Haogosochi Hulu, Kasi Ornop Dit Binmas Polda Sumut Kompol Lely Hafni, Kabag Ops, Kabag Ren dan Kabag Sumda Polres Nias, para Kasat sejajaran Polres Nias, Kapolsek sejajaran Polres Nias.
Ketua FKUB Sumatera Utara H. Maratua Simanjuntak, H. Palit Muda Harahap, Ahmad Darwis, Benno Ola Tage, Hormat Hutasoit, H. Arifinsyah, H. Hasan Bakti Nasution, Ketua MUI Gunungsitoli H. Abdul Hadi SH, Ketua FKUB Kota Bastari Marikan, MM, Ketua PGLII Kabupaten Nias Selatan Pdt. Aperli Gulo, M.Th, Ketua PGLII Kepulauan Nias Pdt. Betul Ndraha, M.Th, Kemenag Kabupaten Nias Barat Ermansyah Polem, MM, Ketua FKUB Nias Utara Drs. Emanuel Hia, Ketua PCNU Kota Gunungsitoli Drs. Basrah Zebua, Ketua PCNU Kabupaten Nias Utara Muhamad Yusuf Zebua, SE, Ketua FKUB Nias Selatan Pdt. Ohezatulo Buulolo, FKUB Kab Nias Drs. Soziduhu Lombu, M.Th, MUI Kabupaten Nias Barat Masyhur Marunduri, Paroki Santa Maria Gunungsitoli Drs. Alizatulo Waruwu, MUI Kabupaten Nias Ajran Caniago, Sinode BNKP Pdt. Gloriati Ndraha, Sekum GNKPI Pdt. Nur Idaman Zebua, dan tokoh-tokoh lintas agama kab/kota lainnya. (al)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Oknum Perangkat Desa Ditangkap Satreskrim Polres Purworejo

PURWOREJO - wartaexpress.com - Man (35) warga Desa Lubang Sampang yang juga merupakan Perangkat Desa diamankan Satreskrim Polres Purworejo....