Kamis, 21 Februari 2019

35 Unit Kapal Fiberglass Untuk Nelayan Gunungsitoli


GUNUNGSITOLI – wartaekspres.com - Demi memacu perekonomian nelayan, Pemerintah Kota Gunungsitoli, Sumatera Utara, telah menyediakan anggaran sebesar 700 juta rupiah guna pembuatan 35 unit Kapal Fiberglass berukuran 0,5 GT. Anggaran tersebut berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK) pusat tahun 2019.
Untuk diketahui, proses tender akan dilaksanakan sekitar April-Mei mendatang. Sedangkan pembagiannya, dilakukan pada Agustus-September. Demikian disampaikan Eka Setiawan Lombu, Kepala Bidang Perikanan Tangkap pada Dinas Perikanan dan Kelautan Kota Gunungsitoli, saat ditemui wartaekspres.com, Kamis (21/02/2019) siang.
Menurutnya, ke 35 unit kapal itu nantinya bakal dibagikan kepada kelompok nelayan yang sudah terdaftar resmi di Dinas Perikanan dan Kelautan Kota Gunungsitoli.
"Ada sekitar 126 kelompok nelayan yang tercatat. Namun begitu, Dinas kembali melakukan pendataan guna memastikan kelompok nelayan mana yang mendapat bantuan kapal tersebut," ujarnya.
Untuk mendapatkan bantuan kapal, lanjut Eka, kelompok nelayan harus menyampaikan proposal permohonan kepada Dinas Perikanan dan Kelautan Kota Gunungsitoli yang telah dimulai sejak awal Febuari lalu.
"Setelah proposal diserahkan, lalu tim kami melakukan pengecekan dan survei lokasi. Tujuannya untuk mengetahui kelompok nelayan mana yang benar-benar membutuhkan bantuan kapal,” kata Eka.
Di akhir penjelasannya Eka mengatakan, bahwa kapal bantuan itu dilengkapi dengan cadik, mesin duduk 0,5 PK, dan kamar mesin. Sementara alat tangkap berupa jaring masih dalam tahap pembahasan. (Van)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Oknum Perangkat Desa Ditangkap Satreskrim Polres Purworejo

PURWOREJO - wartaexpress.com - Man (35) warga Desa Lubang Sampang yang juga merupakan Perangkat Desa diamankan Satreskrim Polres Purworejo....