Kamis, 25 Juli 2019

Karya Bakti TNI Kodim Purwodadi Tahap VI 2019 Resmi Ditutup


GROBOGAN – wartaekspres - Asisten 1 Pemerintahan, Muhamad Hidayat mewakili Bupati Grobogan, yang didampingi Komandan Kodim 0717/Purwodadi Letkol Inf Asman Mokoginta pimpin acara Penutupan Karya Bakti TNI Mandiri (KBM) Tahap VI tahun 2019 dan mereremikan penggunaannya di Desa Karanganyar, Kecamatan Geyer, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah, Kamis (25/7).
Acara diawali dengan penyampaian laporan kegiatan Karya Bakti TNI Mandiri Tahap VI tahun 2019 oleh Danramil 0717/09 Gundih, Kapten Czi Agus Munarwanto, yang menyampaikan hasil pelaksanaan kegiatan Karya Bakti Mandiri dengan sasaran antara lain, sasaran fisik berupa corblok jalan rabat beton sepanjang 400 meter, rehab mushola 1 unit, rehab Pos Kamling 1 unit serta jambanisasi 10 unit.
Sedangkan untuk sasaran non fisik diantaranya Penyuluhan Wawasan Kebangsaan, Kesehatan, Hukum dan Bahaya Narkoba, Pengobatan Massal serta Pembagian Paket Sembako kepada masyarakat sekitar Desa Karanganyar.
Acara penutupan KBM di Karanganyar, ditandai dengan pengguntingan pita oleh Asisten I Pemerintahan Muhamad Hidayat didampingi segenap pejabat yang hadir. Dilanjutkan dengan peninjauan hasil Karya Bhakti dengan menyusuri corblok jalan sepanjang 400 meter.
Dalam sambutannya, Dandim Letkol Inf Asman Mokoginta mengatakan, bahwa kegiatan Karya Bakti TNI merupakan kegiatan perberdayaan masyarakat dan untuk menggelorakan kembali semangat gotong-royong, yang merupakan budaya warisan leluhur Bangsa Indonesia dan tidak dimiliki oleh bangsa manapun.


“Oleh karena itu kita harus bangga, bahwa gotong-royong  di Grobogan ini masih menjadikan alat pemersatu yang sangat kuat, dalam kurun waktu lebih kurang 21 hari kita bersama-sama bekerja membuat jalan, rehab mushola, Pos Kaling serta sarana lain yang tentunya akan sangat bermanfaat bagi kita semua. Tahun 2017 yang lalu, Desa Karanganyar ini telah membantu menghantarkan Kodim 0717/Purwodadi menjadi Juara I tingkat Nasional dalam rangka kegiatan Lomba Binter Angkatan Darat,” uajar Dandim.
Dikatakannya, bahwa hal ini tentunya tidak luput dari peranserta Pemda Kab. Grobogan serta dukungan masyarakat untuk mensukseskan semua program kegiatan yang dilaksanakan oleh Kodim 0717/Purwodadi, dan saat itu kegiatan Karya Bakti TNI Mandiri di Desa Karanganyar.
“Ini merupakan salah satu materi yang dinilai oleh Tim TNI AD yang dapat mendongkrak penilaiannya, sehingga nama Kodim 0717/Purwodadi dan Kab. Grobogan patut dipertimbangkan oleh Kabupaten lain yang ada di Indonesia. Dengan harapan agar kedepan momen apapun kita tetap harus dapat bekerjasama terutama dalam menjaga persatuan dan kesatuan demi tetap tegaknya NKRI,” tuturnya.
Seiring dengan semakin canggihnya dunia teknologi  kita harus tetap waspada  jangan sampai terpengaruh berita-berita bohong (hoax) yang pada intinya akan dapat memecah-belah persatuan dan kesatuan.
Kegiatan Karya Bakti TNI Mandiri ini disamping kegiatan fisik berupa pembangunan infrastruktur juga ada kegiatan non fisik berupa penyuluhan atau pembekalan pengetahuan praktis maupun masalah sosial kemasyarakatan, kejuangan, bela negara, kesadaran hukum dan sebagainya agar benar-benar dapat dipahami dan diterapkan dalam kehidupan seharihari sehingga mampu mendorong inovasi dan kreativitas masyarakat serta tumbuhnya rasa cinta tanah air.
“Perlu saya sampaikan, bahwa Kegiatan Karya Bakti TNI Mandiri ini bukan merupakan proyek namun lebih penting dari itu adalah pemberdayaan masyarakat serta gotong-royong yang merupakan rohnya bangsa Indonesia. Karena dengan bergotong royong semua pekerjaan dapat kita kerjakan dengan ringan apalagi untuk lingkungan atau desa sendiri,” ujarnya.


Karena itu, kegiatan Karya Bakti TNI Mandiri seperti ini perlu untuk dilaksanakan secara terus menerus dan dikembangkan dengan inofasi baru sesuai keperluan masyarakat, selain untuk membantu kesulitan rakyat, juga sebagai sarana yang efektif bagi TNI khususnya Kodim 0717/Purwodadi untuk menjaga dan memelihara silahturahmi serta komunikasi dengan rakyat yang ada di wilayah.
Dengan terwujudnya hubungan emosional yang baik, rasa kebersamaan dan kemanunggalan TNI dan Rakyat maka akan dapat dijadikan sebagai kekuatan penangkal yang kuat  terhadap setiap bentuk ancaman yang dihadapi bangsa ini.
“Apa yang telah kita kerjakan pada kegiatan Karya Bakti TNI Mandiri  ini segala hasil pembangunan atau pengembangan sarana dan prasarana fisik yang telah dibangun agar dirawat dengan baik sehingga penggunaannya bisa  lebih tahan lama, berbagai hal positif yang telah kita laksanakan selama ini, harus terus dilanjutkan dan bila perlu dikembangkan,” pesan Dandim.
Dalam sambutan Bupati Grobogan yang bacakan oleh Asisten 1 Muhamad Hidayat mengatakan, bahwa dengan adanya kegiatan penutupan TMMD Karya Bhakti Mandiri di Desa Karanganyar, Kec Geyer, Kab Grobogan dari awal sampai penutupan berjalan aman dan lancar tidak ada suatu halangan apapun.
“Semoga kedepan nanti untuk pembangunan desa bisa ditingkatkan kembali agar seluruh desa plosok dapat mendapatkan bantuan untuk khususnya pengiriman jalan dan lainya,” harapnya.
Kegiatan dilanjutkan pembagian bantuan beras dan alat sekolah untuk warga yang kurang mampu serta bazar murah, pengobatan gratis dan pelayanan KB Kes, dilanjutkan panggung hiburan rakyat Makuta Rama. (Pendim 0717/Pwd)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Oknum Perangkat Desa Ditangkap Satreskrim Polres Purworejo

PURWOREJO - wartaexpress.com - Man (35) warga Desa Lubang Sampang yang juga merupakan Perangkat Desa diamankan Satreskrim Polres Purworejo....