Selasa, 30 Juli 2019

Geliat Bersih Desa Karanggebang, Kirab Budaya Jadi Momen Satukan Warga


PONOROGO – wartaekspres – Bersih Desa telah menjadi sebuah tradisi wajib di setiap daerah. Tujuannya adalah untuk meningkatkan rasa syukur kepada Tuhan Sang Pencipta, atas limpahan karunia dan nikmat yang diberikan kepada warga masyarakat, sekaligus untuk menjauhkan desa dari malapetaka.
Tradisi Bersih Desa di Desa Karanggebang, rutin diadakan satu tahun sekali. Pemerintah Desa (Pemdes) Karanggebang mengemas acara dengan berbagai pertunjukan kesenian tradisional dan kegiatan keagamaan.
Abdul Basyid, S.Ag, Kepala Desa Karanggebang mengatakan, bahwa diadakannya Bersih Desa ini, selain sebagai sujud syukur Kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, juga menjadi salah satu sarana untuk mempersatukan warga serta memperingati Hari Jadi Kemerdekaan Republik Indonesia.
"Dengan Bersih Desa, merupakan media untuk membentuk semangat persatuan dan kesatuan warga Karanggebang, sekaligus memperingati HUT Kemerdekaan RI yang Ke-74 tahun," kata Abdul Basyid.


Abdul Basyid menambahkan, bahwa rangkaian kegiatan Bersih Desa Karanggebang, dilaksanakan selama 3 hari di halaman Balai Desa Karanggebang, Kecamatan Jetis, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur.
"Kegiatan selama 3 hari itu diawali dengan Kirab Seni Budaya, yang dimeriahkan oleh arak-arakan dari Kesenian Reog Singo Mulang Joyo, Reog Singo Handoko, Seni Gajah Suryo Kencono dari Karanggebang, Seni Gajah Gading Kencono dari Doplang, Bajang, Balong, Drumband Gema Nada Al-Jihad Karanggebang, Sekolah Dasar Negeri (SDN), Madrasah Ibtidaiyah (MI) dan Karang Taruna Karanggebang," tambahnya.
Dan malam keesokan harinya, diadakan Pagelaran Karawitan dan dilanjutkan besok pagi harinya dengan acara Simaan Al-Quran. Selanjutnya sebagai puncak acara Bersih Desa, digelar Istighosah atau Doa Bersama. (Eko Setiyo Budi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Oknum Perangkat Desa Ditangkap Satreskrim Polres Purworejo

PURWOREJO - wartaexpress.com - Man (35) warga Desa Lubang Sampang yang juga merupakan Perangkat Desa diamankan Satreskrim Polres Purworejo....