Kamis, 25 Juli 2019

Kapusinfolahta TNI : Latihan Informasi Sistem Dapat Dikembangkan Dengan Beberapa Negara


JAKARTA – wartaekspres - Kepala Pusat Informasi dan Pengolahan Data (Kapusinfolahta) TNI, Marsma TNI Pujiyanto, S, S.IP, meninjau latihan keamanan cyber dan sistem teknologi dalam bentuk Information System and Technology Exchange (ISTX) yang tengah berlangsung di Jakarta Room, Hotel Raffles, Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (25/7/2019).
Latihan yang melibatkan 34 personel militer, terdiri dari 19 Prajurit TNI dan 15 Tentara Hawaii tersebut akan berakhir pada tanggal 26 Juli 2019.


Dalam kesempatan tersebut, Kapusinfolahta TNI didampingi oleh Kabidpamsisfo Pusinfolahta TNI Kolonel Sus M. Yusuf, S.Kom, MM, dan Kabidduk TI Pusinfolahta TNI Kolonel Czi Ign. Budiman, SP, M.Sc, turut serta mengikuti pembekalan materi kepada 34 peserta ISTX yang disampaikan oleh Ssgt Marc Masuno mengenai Kibana.
Kapusinfolahta TNI mengatakan, bahwa latihan informasi sistem kedepan bisa dikembangkan dan tidak dengan negara tertentu saja. “Latihan seperti ini bisa kita kembangkan dengan negara-negara lainnya yang memiliki teknologi informasi relatif maju,” harapnya.
“Artinya, kegiatan ini kedepannya tidak hanya dapat dilakukan secara bersama dengan beberapa negara saja. Selain itu, substansinya juga harus dikembangkan, sehingga latihan seperti ini makin lama makin maju dan makin baik serta bermanfaat bagi negara-negara yang mengikuti pelatihan,” katanya.

Marsma TNI Pujiyanto berharap ilmu yang didapat bisa dikembangkan dan sangat mungkin, apalagi saat ini TNI sudah mengembangkan cyber, sehingga bisa di aplikasikan dalam tugas sehari-hari.
Sementara itu, Ssgt Marc Masuno dalam pembekalannya menyampaikan bahwa Kibana adalah tools untuk melakukan analisis data yang bersumber dari berbagai platform dan teknologi seperti wlasticsearch, post gre SQL, my SQL, logs dan data lainnya dalam konteks keamanan cyber,
kibana merupakan sarana yang sangat efektif digunakan untuk melalukan thread hunting. (Paban VII/Latma Sops TNI)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Oknum Perangkat Desa Ditangkap Satreskrim Polres Purworejo

PURWOREJO - wartaexpress.com - Man (35) warga Desa Lubang Sampang yang juga merupakan Perangkat Desa diamankan Satreskrim Polres Purworejo....