Rabu, 24 Juli 2019

Kodim 1207/BS, Tuan Rumah KKLDN Study Wilayah Pasis Dikreg 57 Seskoad 2019


PONTIANAK – wartaekspres - Sedikitnya 15 Prajurit TNI AD yang didampingi 4 pengasuh, Kuliah Kerja Lapangan Dalam Negeri (KKLDN) Studi Wilayah Pasis Digreg 57 Sekolah Staf dan Komando Angkatan Darat (Seskoad) selesai melakukan penelitian selama tiga hari di Kodim 1207/BS, Selasa (23/7/19).
Kodim 1207/BS merupakan satu diantara 20 Kodim di Indonesia yang menjadi tempat Kuliah Kerja Lapangan Dalam Negeri (KKLDN) Studi Wilayah Perwira Siswa (Pasis) Dikreg 57 Sekolah Staf dan Komando Angkatan Darat (Seskoad) Tahun Anggaran 2019. KKLDN di Kodim 1207/BS ini diikuti 15 Perwira siswa dan empat pengasuh.
Komandan Seskoad Mayor Jenderal TNI Kurnia Dewantara Dalam Amanatnya yang dibacakan Kepala Departemen Kejuangan dan Kepemimpinan Seskoad Kolonel Infanteri Dede Indrajat mengharapkan, bahwa pengetahuan yang diperoleh selama KKLDN Studi Wilayah Pertahanan di Kodim 1207/BS dapat menambah wawasan Pasis dalam mengembangkan diri untuk menghadapi tuntutan tugas di masa yang akan datang. Yang tidak kalah pentingnya, Hasil KKLDN Studi Wilhan ini akan menjadi bahan di Seminar Nasional yang akan dilaksanakan pada November 2019 mendatang di Bandung.
Sementara itu Kepala Departemen Kejuangan dan Kepemimpinan Seskoad Kolonel Infanteri Dede Indrajat usai kegiatan tersebut mengatakan KKLDN Studi Wilhan ini dilakasanakan sebagai bentuk pembelajaran Perwira Siswa Seskoad dalam rangka studi wilayah pertahanan.
Pada studi ini seluruh Perwira Siswa dibekali pembelajaran, sehingga dapat digunakan untuk menghadapi situasi dan kondisi ketika nanti menjadi pimpinan, atau Komandan Kesatuan di suatu wilayah.
Kolonel Infanteri Dede Indrajat mengatakan, bahwa beragamnya etnis di wilayah Kodim 1207/BS yang tetap terjalin kebersamaan, persatuan dan kesatuan di hasil penelitian paparan para Pasis bahwa pembinaan dan segala macamnya di Kodim 1207 BS sudah bagus, tinggal bagaimana mempertahankannya.
Dibagian lain Satu diantara siswa KKLDN Studi Pasis Dikreg 57 Seskoad 2019, Mayor Infanteri Irawan Setya Kesuma mengaku penelitian yang dilakukan sangat bermanfaat, karena pada prinsipkan para Pasis ini diproyeksikan akan menjadi komandan-komandan kesatuan di seluruh jajaran TNI AD.
Mayor Infanteri Irawan Setya Kesuma mengakui, bahwa Kodim 1207/BS merupakan Kodim yang luar biasa, karena terlihat sinergitas antara TNI, Porli, Pemda dengan semua stake holder yang ada di wilayah Pontianak dan Kubu Raya sangat kuat.
Disamping juga suatu metode yang sangat tepat kodim 1207/BS menggunakan metode pendekatan sosial dan sosial budaya, dimana pendekatan historil dengan mengedapankan kearifan lokal sehingga lebih mengena sebagaimana dari jati diri TNI sendiri sebagai tentara rakyat, tentara nasional dan tentara pejuang.
Sementara itu Dandim 1207 /BS Kolonel ARMED Stefie Jantje Nuhujanan, S.IP mengatakan, bahwa para siswa Seskoad apabila kelak memasuki Satuan yang baru, segera pelajari situasi wilayah, adat istiadat, budaya, masyarakat Pontianak selalu mengumandangkan bahwa Pontianak adalah miniatur Indonesia, karena di sini terdapat berbagai ragam suku dan budaya ada di wilayah ini.
Ini adalah merupakan sumber potensi yang sangat besar, karena kita masih hidup di Negara Kesatuan Republik Indonesia, sehingga dari situlah saya mulai belajar mendekati para tokoh tokoh dan apabila ada terjadi benturan bisa dengan mudah diselesaikan dengan musyawarah. (Rls/danil)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Oknum Perangkat Desa Ditangkap Satreskrim Polres Purworejo

PURWOREJO - wartaexpress.com - Man (35) warga Desa Lubang Sampang yang juga merupakan Perangkat Desa diamankan Satreskrim Polres Purworejo....