Rabu, 29 Mei 2019

Manfaatkan Teknologi Babinsa 1011-15/Pulpis Deteksi Dini Karhutla


KAPUAS - wartaekspres - Babinsa Koramil 1011-15/Pulang Pisau, Sertu Subarjoyo serta Babinsa lainya menerima pelatihan cara mendeteksi dan menentukan titik hotspot dengan memanfaatkan teknologi satelit. Digelar oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pulang Pisau bertempat di lantai dasar Kantor BPBD Kab. Pulpis, Rabu (28/5/19).
Hal ini disampaikan Dandim 1011/Kuala Kapuas, Letkol Kav Bambang Kristianto Bawono, S.IP di Makodim 1011/Klk, Kecamatan Selat, Kabupaten Kapuas. Dandim 1011/Klk sangat mengapresiasi kegiatan yang digelar oleh BPBD Kab. Pulang Pisau.
“Kebakaran hutan sering terjadi saat musim kemarau di Kab. Pulang Pisau yang sangat berdampak bagi kesehatan dengan adanya kabut asap dari kebakaran, untuk itu kegiatan deteksi dini  dalam penanggulangan kebakaran hutan memegang peranan sangat penting," katanya.
Dandim 1011/Klk juga menyampaikan, bahwa deteksi dini adalah upaya untuk mendapatkan keterangan secara awal adanya kebakaran hutan melalui penerapan teknologi sederhana hingga teknologi canggih.
“Dalam pelatihan tersebut Babinsa dilatihkan cara untuk mengetahui hotspot (titik panas) kebakaran hutan melalui satelit memanfaatkan Google Earth untuk melihat informasi mengenai hotspot dengan mengambil data dari NASA (National Aeronautics and Space Administration)," jelas Dandim 1011/Klk mengakhiri. (Rls/danil)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Oknum Perangkat Desa Ditangkap Satreskrim Polres Purworejo

PURWOREJO - wartaexpress.com - Man (35) warga Desa Lubang Sampang yang juga merupakan Perangkat Desa diamankan Satreskrim Polres Purworejo....