Kamis, 23 Mei 2019

Bantu Pemda, Kodim 1205/Stg Bangun 550 Unit Jamban Bagi Warga Kurang Mampu


SINTANG - wartaekspres - Dalam rangka membantu Pemerintah Daerah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di bidang kesehatan, Kodim 1205/Sintang melaksanakan Karya Bakti TNI salah satunya adalah Program Jambanisasi. Dengan sasaran keluarga kurang mampu guna untuk menciptakan lingkungan yang sehat, bersih, aman dan nyaman guna meningkatkan derajat kesehatan dan kesejahteraan masyarakat.
Adapun tema karya bakti yakni "Melalui Karya Bhakti TNI Satkowil, Kita Tingkatkan Kualitas Kesehatan Masyarakat dan Perilaku Hidup Sehat serta Memantapkan Kemanunggalan TNI-Rakyat".
Hal ini disampaikan Komandan Kodim 1205/Sintang, Letkol Inf Rachmad Basuki pada hari ini di Makodim 1205/Stg, Kamis (23/5/19).
Dikatakannya, bahwa kegiatan ini ditujukan untuk membantu mengatasi dan mewujudkan kesejahteraan masyarakat dengan tetap memperhatikan kemampuan satuan dan kondisi masyarakat serta pemilihan obyek kegiatan yang dirasakan lebih bermanfaat. Adapun prioritas kegiatan ini adalah membangun sarana MCK/sanitasi yang baik dan sehat serta layak pakai di lingkungan keluarga kurang mampu.
"Program Jambanisasi merupakan wujud kepedulian kepada masyarakat guna menciptakan dan memantapkan Kemanunggalan TNI-Rakyat," ujar Dandim 1205/Stg.
Dandim 1205/Stg juga menyampaikan, adapun target jamban yang akan dibangun oleh Kodim 1205/Stg selama Semester I Tahun 2019 ini adalah 550 jamban dari total 1100 jamban selama tahun 2019 ini yang tersebar di 19 Koramil jajaran Kodim 1205/Sintang meliputi Kabupaten Sintang dan Melawi.
"Dalam kurun waktu 5 bulan ini sudah terealisasi sebanyak 455 jamban atau 82 persen dari target yang akan kita laksanakan," kata Dandim.
Selain sasaran fisik pembangunan jamban juga ada sasaran non fisik, diantaranya adalah ceramah tentang budaya hidup sehat, bersih, rapi , aman dan nyaman apabila memiliki jamban keluarga, Penyuluhan tentang cara pembuatan jamban yang sehat bagi keluarga dan Penyuluhan tentang bahaya penyakit menular yang disebabkan karena tidak memiliki jamban keluarga, pungkas Dandim 1205/Stg. (Rls/danil)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Oknum Perangkat Desa Ditangkap Satreskrim Polres Purworejo

PURWOREJO - wartaexpress.com - Man (35) warga Desa Lubang Sampang yang juga merupakan Perangkat Desa diamankan Satreskrim Polres Purworejo....