Kamis, 23 Mei 2019

Tingkatkan Iman dan Taqwa Di Bulan Ramadhan, Civitas Akademika STTAL Peringati Nuzulul Quran


SURABAYA – wartaekspres - Dalam rangka meningkatkan iman dan taqwa kepada Allah SWT, Civitas Akademika STTAL, baik prajurit anggota tetap (Antap), PNS, Mahasiswa Pascasarjana, Sarjana dan Diploma STTAL, serta Jalasenastri CBS STTAL mengikuti peringatan Nuzulul Quran di bulan Ramadhan 1440 H/2019 M, di Auditorium Pulau Marore Kampus STTAL, Jl. Bumimoro-Morokrembangan, Surabaya, Rabu (22/5/2019).
Peringatan Nuzulul Quran tersebut mengambil tema 'Melalui Puasa Ramadhan, Nuzulul Quran dan Idul Fitri 1440 H/2019 M, Kita Tingkatkan Iman dan Takwa Prajurit dan PNS STTAL Dalam Rangka Mendukung Tugas Pokok TNI.'
Komandan STTAL (Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut) Laksamana Pertama TNI Ir. Avando Bastari, M.Phil dalam sambutannya menyampaikan kepada seluruh Civitas Akademika STTAL, senantiasa  panjatkan puji syukur ke hadirat Allah SWT, atas segala karunianya. “Kita dapat melaksanakan acara peringatan Nuzulul Quran 1440 H/2019 M dengan berbuka dan sholat berjamaah bersama di Kampus STTAL dalam keadaan sehat walafiat,” ujarnya.
“Memasuki puasa Ramadhan hari ke-17 ini, saya mengajak seluruh Civitas Akademika STTAL untuk lebih meningkatkan kualitas ibadah dengan rajin melaksanakan sholat berjamaah, sholat tarawih, membaca Alquran, memperbanyak infak, sedekah, menyantuni anak yatim dan fakir miskin serta membayar zakat fitrah sebagai kewajiban individu dan zakat maal bagi yang memenuhi syarat nisabnya,” imbuhnya.
Secara etimologis, Nuzulul Quran terbagi dalam dua kata yaitu nuzul dan Alquran. Pada dasarnya nuzul mempunyai arti turunnya sesuatu dari tempat tinggi ke tempat yang rendah, sedangkan Al-  Quran yaitu firman Allah SWT yang telah diturunkan melalui Malaikat Jibril kepada Nabi Muhammad SAW.
Secara garis besarnya yang terkandung dalam Al-Quran yakni berisi hal-hal pokok tentang aqidah, ibadah, akhlak, hukum-hukum serta ilmu pengetahuan, dan wajib hukumnya bagi umat muslim untuk rajin membaca Al-Quran, memahami, mempelajari serta mengamalkannya untuk dijadikan sebagai pedoman, tuntunan, suri tauladan, dan sumber ilmu pengetahuan bagi sendi kehidupan umat manusia.
Sebagaimana banyak pakar berpendapat, bahwa Al-quran adalah pedoman hidup, penuntun kehidupan, penambahan keilmuan-ketaqwaan dan keimanan, sebagai sumber ilmu serta sebagai syafaat bagi kita kelak di akherat.
Usai sambutan Komandan STTAL, dilanjutkan pembagian tali asih oleh Ketua Jalasenastri CBS STTAL Irlina Avando Bastari, kepada anak yatim dan dilanjutkan uraian tentang hikmah peringatan Nuzulul Quran yang disampaikan KH. Drs. Abdul Mutholib, AM, MM, pengasuh Pondok Pesantren At-Tholibin Rungkut, Surabaya.
Hadir Wadan STTAL, Seklem, Direktur, Kapokdos, para Kaprodi, Kasatker, personel, PNS, mahasiswa STTAL, Ketua dan Wakil Ketua CBS Jalasenastri STTAL. (Rls/danil)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Oknum Perangkat Desa Ditangkap Satreskrim Polres Purworejo

PURWOREJO - wartaexpress.com - Man (35) warga Desa Lubang Sampang yang juga merupakan Perangkat Desa diamankan Satreskrim Polres Purworejo....