Minggu, 27 Desember 2020

Gelar Fun Camping, GenPI Natuna Bersama Beberapa Komunitas Teken Komitmen Majukan Sektor Pariwisata


NATUNA - wartaexpress.com -
Dalam rangka memajukan sektor Pariwisata di Kabupaten Natuna. Generasi Pesona Indonesia (GenPI) Natuna melakukan Fun Camping bersama beberapa komunitas, pada tanggal 25 dan 26 Desember 2020, di Pantai Sujung, Kecamatan Bunguran Timur Laut, Sabtu (26/12/20).

Acara tersebut sengaja dikemas dalam bentuk Fun Camping, diikuti oleh beberapa instansi dan komunitas, diantaranya Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Natuna, Badan Pengelola Geopark Natuna, Manajemen Natuna Dive Resort, Mapala STAI, KNPI, Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis), Kompas Benua, Lensa Natuna, Forum Guide Natuna dan beberapa komunitas lainnya.

Dijumpai saat acara tersebut, Ketua GenPI Natuna, Kiki Firdaus menyatakan, bahwa acara ini merupakan agenda GenPI Natuna dalam memberdayakan komunitas yang ada di Natuna guna mendukung dan ikut bersama-sama sadar terhadap pengembangan dunia Pariwisata.

"Dalam kesempatan ini pula akan kita adakan penandatanganan MoU antara semua komunitas yang hadir untuk berkomitmen bersama-sama dalam mengembangkan dunia wisata Natuna," ungkap Kiki.

Dalam kesempatan tersebut, GenPI Natuna juga melaunching logo baru serta menggelar Rapat Tahunan.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata yang diwakili oleh Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata, Kardiman, mengatakan, bahwa atas nama Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Natuna menyambut baik dan mengapresiasi kegiatan Fun Camping yang telah dilaksanakan oleh GenPI Natuna bersama para komunitas.

“Untuk sebuah perubahan harus adanya kolaborasi antara pemerintah, masyarakat, komunitas, pelaku usaha, akademisi dan media. Jadi untuk memajukan sektor Pariwisata Natuna harus saling mendukung dari masing-masing unsur,” imbuh Kardiman.

Di tempat yang sama, M. Alim Sanjaya yang hadir sebagai Ketua Badan Pengelola Geopark Natuna sangat kagum dengan kegiatan yang dilaksanakan oleh GenPI Natuna.

“Natuna sebagai kawasan Geopark bukan saja untuk pengembagan wisata, namun keberadaan Geopark sebagai kawasan konservasi, edukasi dan ekonomi berkelanjutan. Dalam Struktur Badan Pengelolaan Geopark pun bukan hanya didominasi pemerintah, tetapi peran komunitas sangat diharapkan,” ujar Jaya sapaan akrab M. Alim Sanjaya.

Kehadiran pihak Manajemen Natuna Dive Resort (NDR), membuat pertemuan ini lebih sempurna. Mirza Ghamal dalam sambutannya, mengatakan, bahwa kami dari NDR siap membantu pengembangan Pariwisata Natuna.

Pihak NDR telah melakukan MoU dengan Badan Pengelola Usaha (BPU) UNRI terkait kerjasama pengembangan pariwisata. Saat ini NDR sedang menjajaki kerjasama dengan pihak airline untuk persiapan penerbangan langsung Jakarta-Natuna.

Kegiatan berakhir dengan penandatanganan MoU antara GenPI Natuna dengan Disparbud Natuna, BP Geopark, Manajemen NDR, serta dengan komunitas. (S. Utomo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Oknum Perangkat Desa Ditangkap Satreskrim Polres Purworejo

PURWOREJO - wartaexpress.com - Man (35) warga Desa Lubang Sampang yang juga merupakan Perangkat Desa diamankan Satreskrim Polres Purworejo....