Rabu, 23 Desember 2020

Ketua Jalasenastri Korcab XII DJA I Mengikuti Peringatan Hari Ibu Secara Virtual


PONTIANAK - wartaexpress.com -
Ketua Jalasenastri Korcab XII DJA I, Noni Andi Rukman, didampingi pengurus Jalasenastri Korcab XII DJA I, Rabu (23/12), bertempat di Kantor Korcab XII Jalasenastri, Lantamal XII Pontianak, Jl. Kom Yos Sudarso No. 1, Kec. Pontianak Barat, Kota Pontianak, Prov. Kalimantan Barat, mengikuti acara peringatan Hari Ibu tahun 2020 secara virtual (Zoom Meeting) yang ditayangkan langsung dari Data Analytic Room Kantor Gubernur Prov. Kalimantan Barat, yang dipimpin langsung oleh Gubernur Kalimantan Barat, H. Sutarmidji, SH, M.Hum.

Adapun tema Peringatan Hari Ibu (PHI) 2020 yakni “Perempuan Berdaya Indonesia Maju”. Kegiatan Vicon juga diikuti oleh Pembina Jalasenastri Korcab XII, yaitu Komandan Lantamal XII Brigjen TNI Marinir Andi Rukman, di Ruang Operasi Lantamal XII Pontianak.

Pada peringatan ini, Kementerian PPPA juga telah menetapkan empat sub tema PHI ke-92 sebagai pendukung tema utama antara lain, sub tema 1 yaitu Perjuangan Perempuan Masa Kemerdekaan "Perempuan Pejuang-Perjuanganku Bagian Sejarah Perjuangan Bangsaku".

Tujuan dari sub tema 1 untuk mengenang perjuangan kaum perempuan bersama kaum laki-laki dalam merebut Kemerdekaan Republik Indonesia sebagai pemahaman pada generasi muda (milenial) tentang keberanian dan pengorbanan kaum perempuan di masa pergerakan kemedekaan Indonesia.

Sub tema 2 yaitu Perjuangan Perempuan Masa Kini “Perempuan-Inspirasiku Untuk Kemajuan Bangsaku” dengan tujuan emaknai perjuangan perempuan masa kini untuk Indonesia maju dilihat dari 12 critical areas Beijing Plat Form for Action (BPFA).

Memberikan inspirasi bagi generasi muda untuk menerapkan nilai-nilai perjuangan perempuan untuk kemajuan Indonesia masa kini. Mengangkat keberhasilan perempuan Indonesia untuk mencapai kesetaraan.

Sub tema 3 yaitu Perjuangan Perempuan di Era Tatanan Baru (New Normal), "Perempuan-Penyemangat dan Garda Terdepan di Era New Normal" bertujuan untuk mengangkat perjuangan perempuan sebagai inspirator dalam keluarga dan masyarakat pada era tatanan baru.

Sedangkan sub tema 4 mengenai Kemitraan Perempuan dan Laki-laki untuk 5 Prioritas Kementerian PPPA "Perempuan dan Laki-laki-Bersama dan Berbagi untuk Negeri" untuk mempercepat pencapaian agenda prioritas Kementrian PPPA melalui kemitraan perempuan dan laki-laki.

Selain sub tema di atas juga ada logo PHI yang mengandung beberapa makna yaitu, warna dasar Merah dan Putih, hal tersebut dimaksudkan sebagai penggambaran Semangat Nasionalisme Perempuan Berdaya untuk Indonesia Maju.

Sedangkan Filosofi bentuk bunga pada logo sebagai representasi dari cara berpikir perempuan berdaya, cerdas intelektual (ilmu), cerdas emosional (ikhlas/ tabah), dan cerdas spiritual (iman). Menebarkan pemikiran positif seperti bunga yang menebarkan aroma harum. Karakter perempuan, seperti bunga yang menjadi simbolik kelembutan dan keindahan.

Bentuk siluet dan wajah perempuan representasi sikap dan tindakan perempuan berdaya, tegas, namun lembut penuh cinta. Menatap ke depan penuh percaya diri. Tangguh, mampu menjalankan peran dalam berbagai aspek kehidupan secara seimbang dalam kesetaraan.

Dengan situasi yang masih pandemi Covid-19 maka acara puncak diselenggarakan secara daring, sebagai bentuk solidaritas perempuan dalam memaknai Hari Ibu. (Rls/danil)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Oknum Perangkat Desa Ditangkap Satreskrim Polres Purworejo

PURWOREJO - wartaexpress.com - Man (35) warga Desa Lubang Sampang yang juga merupakan Perangkat Desa diamankan Satreskrim Polres Purworejo....