Kamis, 24 Desember 2020

Pemerintah Desa Balohili O'o'u Salurkan BLT Tahap III Dihadiri Camat O'o'u, Masyarakat Menyambut Antusias


NIAS SELATAN - wartaexpress.com -
Pemerintah Desa Balohili O'o'u, Kecamatan O'o'u, Kabupaten Nias Selatan salurkan BLT Tahap III di akhir tahun 23 Desember 2020 sebanyak 29  orang penerima manfaat. “Terima kasih kepada Pemerintah Desa, Daerah, dan Pusat atas perhatian kepada kami masyarakat di sini. Kami sangat bahagia apalagi di akhir tahun menjelang perayaan Natal sangat merasa terbantu,” ujar tokoh masyarakat setempat.

Pada kesempatan itu, Camat O'o'u, Terima Laia, S.Pd, datang langsung menghadiri penyaluran BLT, memonitoring fisik Dana Desa 2020, sekaligus mengecek status inventaris aset Kantor Desa Balohili O'o'u.

Dalam sambutannya, Camat O'o'u menyampaikan kepada masyarakat penerima manfaat BLT, agar bantuan ini setelah dibagikan oleh Pemdes kami berharap masyarakat penerima manfaat dapat mempergunakan BLT ini dengan baik dan benar. “Jangan gunakan uang ini untuk hal-hal yang sifatnya foya-foya,”  tegas Camat O'o'u.

Di tempat dan diwaktu yang sama PD, PLD, PDTI juga ikut menghadiri agenda di Pemdes Balohili O'o'u, melalui PD Martinus Waruwu menambahkan, agar masyarakat penerima manfaat dapat mempergunakan dana tersebut sesuai dengan kebutuhan. “Apalagi ini adalah akhir tahun menjelang Natal dan Tahun Baru mari sambut Natal dan Tahun Baru dengan penuh suka cita,” ujar Martinus.

Setelah pembagian BLT kepada masyarakat dilanjutkan dengan monitoring fisik DD 2020. Dana fisik yang sudah dianggarkan lebih kurang Rp. 200 juta sudah direalisasikan sesuai RAB. Di dalam RAB total bangunan fisik 1.200 meter setelah diukur oleh Tim Monitoring PD, PLD, PDTI terdapat total yang sudah direalisasikan oleh Pemdes 1.250 meter. Ditemukan kelebihan pengerjaan sekitar 50 meter, inilah buktinya bahwa Pemdes sebagai pengelolah anggaran Dana Desa lebih mengutamakan kepentingan umum atau kepentingan masyarakat desa setempat.

Sejauh pantauan awak media ini dan langsung dikonfirmasi kepada Kepala Desa, Ampuni Halawa menyampaikan, bahwa kami di desa memang harus menjalankan amanah ini untuk memajukan desa, syukur ada Dana Desa ini, kalau tidak desa kita ini tidak akan seperti keadaan sekarang ini.

“Walaupun demikian, kami masyarakat Desa Balohili selalu merindukan perhatian Pemerintah terkait akses jalan dari desa menuju ke kecamatan, sekarang ini kita hanya punya akses dengan melintasi Sungai O'o'u sepanjang 5 kilometer setiap hari, dan ketika hujan ya kita di sini tidak bisa akses ke kecamatan,” ucap Kades Ampuni Halawa. (Lukas Ndruru)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Oknum Perangkat Desa Ditangkap Satreskrim Polres Purworejo

PURWOREJO - wartaexpress.com - Man (35) warga Desa Lubang Sampang yang juga merupakan Perangkat Desa diamankan Satreskrim Polres Purworejo....