Rabu, 30 Desember 2020

Ciptakan Lingkungan Hijau, Babinsa Bulu Bala Tanam Pohon Di Lahan Agroforestri


SANGGAU - wartaexpress.com -
Dalam upaya penghijauan alam dan mencegah terjadinya longsor. Babinsa Bulu Bala, Koramil 1204-10/Batang Tarang, Serda Sumirus bersama Camat Balai melaksanakan penanaman bibit pohon buah-buahan di Lahan Agroforestri yang dikelola oleh Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Sanggau Barat di Dusun Kuala Tadan, Desa Bulu Bala, Kecamatan Balai, Sanggau, Rabu (30/12/2020).

Penanaman pohon buah-buahan ini dilakukan secara perdana dengan jenis pohon yang ditanam seperti Durian, Petai dan Mangga, untuk mengantisipasi adanya bahaya tanah longsor di wilayah Desa Bulu Bala.

Kegiatan yang dilaksanakan sebagai upaya mendukung program penghijauan yang dicanangkan pemerintah maupun oleh TNI AD melalui serbuan teritorial.

Menurut Babinsa Bulu Bala Serda Sumirus, melalui penghijauan diharapkan dapat memberikan manfaat bagi keseimbangan alam. Menanam pohon sama juga dengan menghijaukan kembali alam, dengan demikian lingkungan akan menjadi sejuk, segar, asri dan mencegah terjadinya longsor.

"Menanam pohon sama juga menabung untuk hari depan. Pohon yang sudah ditanam sekarang suatu saat nanti kalau sudah besar dapat dimanfaatkan untuk kepentingan bersama masyarakat Desa Bulu Bala,” ucapnya.

Sementara itu, Camat Balai Bapak Poheng Gew, S.Pd, Ma, mengatakan, bahwa akar tanaman pohon yang kuat akan memperkokoh kondisi tanah sehingga akan menahan terjadinya longsor, dan di waktu musim penghujan akar pohon-pohon akan menyerap air, sabagai cadangan nanti kalau musim kemarau, sehingga air tidak sulit," ucapnya.

Perlu diketahui, bahwa kegiatan ini diikuti oleh Kepala KPH Sanggau Barat Amung Hidayat beserta rombongan, Camat Balai Poheng Gew, Babinsa Bulu Bala Serda Sumirus, Kapolsek Balai Iptu Halasan Manurung, Koordinator wilayah pertanian Kec. Balai Sukirman, Kepala Desa Bulu Bala serta masyarakat Dusun Kuala Tadan. (Rls/danil)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Oknum Perangkat Desa Ditangkap Satreskrim Polres Purworejo

PURWOREJO - wartaexpress.com - Man (35) warga Desa Lubang Sampang yang juga merupakan Perangkat Desa diamankan Satreskrim Polres Purworejo....