Minggu, 27 Desember 2020

Amphibi Bersama Samatri Ajak Masyarakat Lakukan Penghijauan Di Lahan Fasos Fasum


KOTA BEKASI - wartaexpress.com -
Dalam rangka menutup akhir tahun dan eksistensi menuju 2021, Aliansi Masyarakat Pemerhati Lingkungan Hidup & B3 Indonesia (Amphibi) tetap berkomitmen melakukan penghijauan.

Dengan bekerjasama Relawan Samatri dan menggandeng berbagai unsur pemerintah di Kota Bekasi serta masyarakat bersama-sama melakukan penanaman pohon dan penandatanganan komitmen bersama dalam penghijauan di lahan fasos dan fasum Taman Perumahan Narogong Indah, Kel. Pengasinan, Kec. Rawa Lumbu, Kota Bekasi pada Sabtu (26/12/2020).

Turut hadir dalam penanaman tersebut Wakil Walikota Bekasi Dr. Tri Adhianto Tjahyono, bersama jajaran Kecamatan Rawa Lumbu, Lurah Pengasinan Juhasan Antosuseno beserta jajaran, Ketua RW.30 Budi Utomo, Babinkamtibmas dan Babinsa Kel. Pengasinan, Kec. Rawa Lumbu, Kota Bekasi.

Sementara dari pelaksana penanaman pohon tampak Ketua Amphibi Bekasi Raya Moh. Hendri A, ST, didampingi Kabid SDA Joko Santoso dan Ketua Umum Eelawan Samatri Dinal Saputra yang didampingi Kang Abel selaku Waketum Samatri.

Wakil Walikota Bekasi, Dr. Tri Adhianto Tjahyono didampingi istri Wiwik Harginopada dalam sambutannya menyatakan apresiasinya terhadap lembaga lingkungan hidup Amphibi dan Relawan Samatri yang telah peduli terhadap lingkungan hidup di Kota Bekasi.

Dr. Tri Adhianto Tjahyono berharap kegiatan ini bisa berkelanjutan dan termanajemen dengan baik. "Saya ingin ke depannya harus ada fasos dan fasum yang dirubah khusus menjadi Ruang Terbuka Hijau (RTH) untuk sarana publik yang dikelilingi pohon. Semakin banyaknya pohon, tentunya dapat  mengurangi polusi udara dan mengurangi dampak banjir yang kerap melanda wilayah Kel. Pengasinan, Rawa Lumbu saat musim penghujan," ucapnya.

Sementar Ketua Amphibi Bekasi Raya, Moh.Hendri A, ST, yang didampingi Kabid SDA Joko Santoso mengatakan, bahwa aksi penanaman pohon tersebut bertujuan untuk memperbanyak daya resap air dan perbaikan kualitas lingkungan hidup di wilayah Kota Bekasi.

Dikatakan Hendri, bahwa sebelumnya Lembaga Lingkungan Hidup Amphibi telah melakukan penanaman "One Tree One People Amphibi 2019-2020" di berbagai desa di Kabupaten dan Kota Bekasi. “Untuk tahun ini kami Amphibi Bekasi Raya akan mencanangkan program Manajemen Pohon Amphibi 2020-2021, bekerjasama dengan BPDASHL Citarum-Ciliwung," ujar Hendri.

Hal senada disampaikan Kabid SDA Joko Santoso, bahwa Amphibi ke depannya bersama Relawan Samatri dan Ketua RW. 30, Budi Utomo bersama masyarakat untuk membuat hutan produktif di atas lahan fasos-fasum yang kurang terawat. “Selain bisa dijadikan paru-paru kota tentunya bisa menjadi nilai tambah bagi masyarakat setempat," ucap Joko.

Saat ditemui tim media, Ketua Umum Relawan Samatri, Dinal Saputra yang didampingi Kang Abel, Waketum Samatri menyampaikan bahwa pohon yang ditanam adalah pohon produktif dan batang kayu.

“Pohon sengon kita tanam di sepanjang pinggiran pagar, ketapang kencana di bagian tengah taman. Sementara bibit pohon produktif berupa mangga, jambu air, jambu biji dan macadamia ditanam pada bagian kiri dan kanan taman. Dalam waktu dekat ini kami bersama lembaga Amphibi akan menambah berbagai pohon buah," tutup Dinal. (Red/Amphibi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Oknum Perangkat Desa Ditangkap Satreskrim Polres Purworejo

PURWOREJO - wartaexpress.com - Man (35) warga Desa Lubang Sampang yang juga merupakan Perangkat Desa diamankan Satreskrim Polres Purworejo....