Kamis, 26 Maret 2020

Uray Damahnita : Ketersediaan Masker Aman Masyarakat Tidak Perlu Panik

Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Natuna, Uray Damahnita
Kepala Puskesmas Ranai, Nazri

NATUNA - wartaekspres - Menyikapi terkait kelangkaan masker dan hand sanitizer yang ada di Natuna, masyarakat dihimbau untuk tidak panik dan khawatir. Seperti diketahui beberapa hari terakhir masyarakat sempat heboh dan panik terkait kosongnya ketersediaan masker di beberapa apotek yang ada di Kota Ranai.
Sebagaimana disampaikan Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Natuna, Uray Damahnita saat dijumpai di ruang kerjanya menjelaskan, bahwa sampai saat ini, ketersediaan masker di Dinkes memang tidaklah banyak yaitu tersisa sebanyak 91.350 pcs, namun demikian kita pastikan bisa mencukupi untuk kebutuhan 4 bulan ke depan, sambil menunggu distribusi masker dari pusat.
Meski demikian, Uray Damahnita menghimbau kepada masyarakat untuk tidak panik dan khawatir. "Kami menghimbau masyarakat tidak perlu khawatir apalagi sampai panik terkait ketersediaan masker, Dinkes sudah mendustribusikan masker ke puskesmas-puskesmas yang ada di Kabupaten Natuna, bila ada masyarakat yang memerlukan masker karena kondisi yang urgent seperti mengalami gejala demam, flu, dan batuk bisa langsung datang sekaligus memeriksakan diri ke puskesmas terdekat," himbau Uray Damahnita.
"Sebenarnya masker diperumtukan bagi orang-orang yang mengalami kondisi urgent seperti saya jelaskan di atas, bila dirasa masih sehat dan bugar lebih kita sarankan untuk menerapkan sosial distancing dan melakukan pola hidup bersih. Itu lebih efektif dalam mencegah Covid 19 daripada mengenakan masker. Selama masa darurat Covid 19 ini dimohon masyarakat agar tetap berdiam diri di rumah, jangan keluar rumah jika tidak untuk hal-hal yang mendesak, itupun salah satu upaya yang efektif dalam mengantisipasi Covid 19," ujar Uray.
Dijumpai di ruang pelayanan Puskesmas, Kepala Puskesmas Ranai, Nazri menjelaskan, bahwa untuk memenuhi kebutuhan masyarakat terkait masker, Puskesmas siap memberikan masker kepada setiap masyarakat yang datang, namun dengan beberapa ketentuan yaitu sedang mengalami gejala demam, flu ataupun batuk. Jadi masyarakat tidak perlu khawatir, silahkan datang ke Puskesmas Ranai bila dirasa mengalami gejala-gejala seperti yang disebutkan di atas.
"Untuk petugas puskesmas kita pun batasi untuk pembagian masker, yaitu 2 buah per hari. Namun bagi masyarakat tetap kita berikan jika dirasa perlu setelah dilakukan pemeriksaan di puskesmas," tutup Nazri. (S. Utomo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Oknum Perangkat Desa Ditangkap Satreskrim Polres Purworejo

PURWOREJO - wartaexpress.com - Man (35) warga Desa Lubang Sampang yang juga merupakan Perangkat Desa diamankan Satreskrim Polres Purworejo....