Rabu, 25 Maret 2020

Jelang Semprot Serok, Kodam XII/Tpr Cek Kesiapan Personel dan Perlengkapan


KUBU RAYA - wartaekspres - Dalam rangka mencegah penyebaran Virus Corona atau Covid-19, Kodam XII/Tanjungpura beserta jajarannya akan melaksanakan penyemprotan disinfektan yang akan dilaksanakan secara serentak menggunakan pola Serok (Serbu Keroyok) selama 3 hari.
Untuk mengetahui kesiapannya maka pada hari ini dilaksanakan Apel Gelar Personel dan Perlengkapan Dalam rangka Pencegahan Penyebaran Covid-19 di Wilayah Kodam XII/Tpr. Apel gelar dilaksanakan di Lapangan Apel Makodam XII/Tpr, Rabu (25/3/20).
Pangdam XII/Tpr, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad menjelaskan, bahwa kegiatan tersebut dilakukan Kodam XII/Tpr dalam rangka mendukung program pemerintah dalam upaya mencegah penyebaran virus Corona.
"Kodam XII/Tpr bersama seluruh stake holder yang ada baik itu Polri, Pemda dan organisasi kemasyarakatan termasuk organisasi yang lain akan melaksanakan penyemprotan disinfektan secara serentak menggunakan pola Serok (Serbu Keroyok) di seluruh provinsi Kalimantan Barat. Jadi hari ini kita semuanya melaksanakan persiapan," jelasnya.
Lanjutnya disampaikan, bahwa penyemprotan akan dilaksanakan secara serentak mulai besok dari tanggal 26 hingga 28 Maret 2020 untuk waktunya dimulai pukul 08.00 WIB, dengan sasaran yang telah ditentukan.
Menurutnya, kegiatan penyemprotan kali ini berbeda dari kegiatan sebelumnya karena akan dilakukan secara bersama-sama dan serentak. "Kita akan kerahkan semua alat prasarana yang kita miliki kemudian sudah dikoordinasikan untuk sasaran-sasaran dan petugas-petugas yang akan bekerja," kata Pangdam XII/Tpr.
Oleh karena itu, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad menghimbau kepada seluruh masyarakat, pada saat nanti tim gabungan ini bekerja, dimana sasarannya adalah sasaran umum diharapkan masyarakat dapat tinggal di rumah sementara waktu. Kemudian masyarakat juga bisa membantu dengan melaksanakan pembersihan di rumah masing-masing.
"Sektor umum kami yang akan membersihkan, kemudian sektor rumah silahkan untuk masing-masing perorangan. Dengan demikian kita ikut memperkecil kemungkinan media sebagai tempat tinggal virus itu. Ini juga salah satu cara agar kita semua masyarakat Kalbar bisa terhindar dan mengurangi korban-korban berikutnya," ujarnya.
Pangdam XII/Tpr, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad meminta kerjasama dari masyarakat untuk ikut berperan serta dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19 yang sudah mendunia. Diungkapkannya, bahwa kondisi saat ini masih ditemukan beberapa masyarakat yang masih melaksanakan kumpul-kumpul baik itu di rumah makan, warung kopi dan sebagainya.
"Kita lihat di media bagaimana rekan-rekan kita yang ada di negara lain begitu kewalahan mengatasinya, tentunya kita tidak ingin terjadi hal tersebut khususnya di Kalbar. Oleh karena itu sekali lagi diperlukan kerjasama semua masyarakat. Kita harus bahu membahu bersama-sama melawan virus ini dengan cara tetap menjaga jarak, tetap di rumah, menjaga kebersihan sehingga semua kemungkinan terjadinya penyebaran itu bisa kita cegah," tegasnya.
"Karena di sini kata kuncinya adalah penyebaran. Jangan sampai penyebaran virus ini sedemikian masifnya. Ini salah satu yang kita upayakan mudah-mudahan kita semua berharap melalui kegiatan yang kita lakukan bisa mencegah Kalbar ini tidak terdampak lebih parah lagi," tambahnya.
Sedangkan sebelumnya, Kakesdam XII/Tpr, Kolonel Ckm dr. Sebastian AB, M.Kes, menjelaskan, bahwa apel tersebut bertujuan untuk mengecek kekuatan personel termasuk kesiapan alat-alat yang akan digunakan dalam aksi penyemprotan disinfektan besok.
Kolonel Ckm dr. Sebastian AB, M.Kes, juga menjelaskan, bahwa kegiatan ini akan dilaksanakan di seluruh jajaran Kodam, khusus untuk di Kota Pontianak sendiri Kodam XII/Tpr akan menurunkan sebanyak 500 personel yang akan dibagi di beberapa kecamatan di Kota Pontianak. Untuk keamanan, setiap personel juga akan dilengkapi dengan Alat Pelindung Diri (APD). (Rls/danil)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Oknum Perangkat Desa Ditangkap Satreskrim Polres Purworejo

PURWOREJO - wartaexpress.com - Man (35) warga Desa Lubang Sampang yang juga merupakan Perangkat Desa diamankan Satreskrim Polres Purworejo....