Senin, 30 Maret 2020

Perang Melawan Corona Covid 19


Kenali Dirimu, Kenali Lawanmu, Kenali Cuaca, Tetapkan Strategi Tempurmu, Kemenangan Di Tangan. (Sun Zhu)
PURWOREJO - wartaekspres - Siapakah covid 19? (Musuh kita ini). Dia bukan binatang yang punya nyawa, dia hanya sebuah molekul yang terdiri dari beberapa lapis protein yang dibalut lapisan lemak, kecil sekali. Dia hanya bereaksi membentuk sel-sel baru yang sifatnya menyerang jika berada di dalam seluruh sel saluran pernafasan, puncaknya di paru-paru.
Ketika dia sudah masuk paru-paru, dia akan berkembang biak, mengelabui sistem imun tubuh kita, menyerang sel-sel sehat di paru-paru, sehingga tidak bisa bekerja dengan baik, yang terparah, bisa akibatkan gagal bernafas dan mengakibatkan kematian.
Bagaimana molekul covid menyerang kita ?. Sebelum bisa menyerang tentu dia harus masuk dulu ke sel-sel saluran nafas kita donk ? Bagaimana caranya ?.
Siapa pembawa Covid 19 ?. Karena dia molekul yang berlapis lemak, dia bisa ditempelkan di benda apapun, dengan catatan suhunya rendah, kalau panas dia mengurai atau membusuk. (Itulah kenapa tangan kita musti selalu dicuci dengan sabun, karena lemak larut dalam sabun, disemprot desinfektan baju kita, karena lemak larut dalam alkohol).
Persoalannya adalah jika Covid 19 sudah masuk ke saluran nafas, maka kita menjadi pembawa Covid 19 yang baik (hidup di sel saluran nafas kita 14 hari).
Kalau kita bersin molekul covid ikut meluncur, ini bisa ke manapun (maka kita tutup mulut kita pakai masker, agar virusnya berhenti di masker, itulah gunanya kita pakai masker).
Dengan luncuran bersin (dropplet) ini, molekul covid bisa menempel ke mana-mana (maka paramedis yang menangani pasien perlu APD). Karena itu juga kita perlu cuci tangan jika usai menyentuh benda yang tidak kita yakini steril dari covid atau tidak.
Kalau pasien corona wafat, diasumsi bahwa kiri kanan-nya penuh molekul covid, maka langsung perawatan jasad memakai protokol Covid 19.
Jadi, bagaimana agar si molekul covid ini tidak masuk dalam saluran nafas kita ? (Ini tekniknya, social distancing, physical distancing, slow down, lock down dll). (Yahya)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Oknum Perangkat Desa Ditangkap Satreskrim Polres Purworejo

PURWOREJO - wartaexpress.com - Man (35) warga Desa Lubang Sampang yang juga merupakan Perangkat Desa diamankan Satreskrim Polres Purworejo....