Sabtu, 22 Februari 2020

Disangka Hendak Demo, Ternyata Ini Yang Dilakukan Pemuda Muslim Di Desa Seleman


NATUNA - wartaekspres - Cuaca mendung disertai angin kencang di pagi Jumat, tanggal 21 Februari itu tidak menyurutkan niat belasan pemuda berbaju merah putih lengkap dengan kopiah hitam di kepala, secara berbondong-bondong menuju sebuah masjid di desa kecil yaitu Desa Selemam, Kecamatan Bunguran Timur Laut, Kabupaten Natuna.
Sontak hal tersebut sempat menghebohkan sebagian warga desa yang belum mengetahui, bahwa pada hari itu akan diadakan acara Safari Masjid yang mengambil  tajuk "Jumat Keliling" yang ditaja oleh PC Pemuda Muslimin Indonesia Kabupaten Natuna.
"Program Jumat Keliling merupakan program unggulan kami dalam bidang pendidikan dan dakwah, selain itu ada juga Magrib Keliling yang selalu kita lakukan per satu bulan sekali," ungkap Ahmad Al Hamidi selaku Ketua Bidang Pendidikan dan Dakwah.
Kegiatan itu telah dikordinasikan dengan pihak desa dan pengurus masjid seminggu sebelumnya. "Tujuan dari kegiatan Safari Masjid itu merupakan langkah kita untuk mempererat tali silaturahmi dalam ukwah Islamiah serta upaya kita guna memakmurkan masjid-masjid yang berada di pedesaan. Yang insya Allah akan kita laksanskan rutin setiap sebulan sekali," jelas Yanto, Ketua PC Pemuda Muslimin Kabupaten Natuna.
Jumat Keliling yang dilakukan di Masjid Al Babussalam, Desa Selemam diawali dengan aksi bersih-bersih masjid dan sekitar lingkungan masjid, dilanjutkan dengan sholat Jumat berjamaah dimana yang bertugas menjadi khotib pada siang itu adalah dari pemuda muslimin.
Dalam ceramahnya, Khotib mengambil tema yaitu "Tiga kriteria pemuda idaman bangsa dan agama". Dalam isinya khotib berpesan ada 3 hal yang harus dimiliki dalam diri seorang pemuda, yaitu kecerdasan, ketaqwaan, dan kekuatan dalam menghadapi segala situasi.
Khutbah Jumat kali ini yang terpilih menjadi Khotib adalah M. Arif, ustadz muda jebolan STAI Natuna. Dalam kesempatan yang sama pihak desa dan pengurus masjid diwakili Solihin mengucapkan banyak terima kasih karena sudah memilih Desa Selemam untuk dikunjungi oleh pemuda muslimin. "Hal ini tentunya menjadi sebuah kebanggaan tersendiri bagi kami dan seluruh warga Desa Selemam," ujarnya.
Hal senada juga diungkapkan Kasat Binmas Polres Natuna, Iptu Sudiono yang turut hadir dalam acara tersebut mewakili Polres Natuna. “Kami sangat mengapresiasi kegiatan kepemudaan yang bersifat positif seperti yang dilakukan oleh pemuda muslimin ini, dan semoga ke depanya tetap dipertahankan serta tetap mengundang dan melibatkan kami," tutur Iptu Sudiono.
Hadir dalam acara tersebut PC Pemuda Muslimin Indonesia Kabupaten Natuna, PAC Pemuda Muslimin Kec. Bunguran Timur Laut, Kasat Binmas Polres Natuna, LDK STAI Natuna, Bhabinkamtibmas Desa Selemam dan masyarakat Desa Selemam. (S. Utomo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Oknum Perangkat Desa Ditangkap Satreskrim Polres Purworejo

PURWOREJO - wartaexpress.com - Man (35) warga Desa Lubang Sampang yang juga merupakan Perangkat Desa diamankan Satreskrim Polres Purworejo....