Rabu, 29 Januari 2020

Bandung Selatan Langganan Banjir


KAB. BANDUNG - wartaekspres - Bandung Selatan merupakan daerah langganan banjir, hampir setiap musim hujan dipastikan banjir akan melanda wilayah ini, entah seperti apa antisipasi Pemerintah Kab. Bandung menyikapi bencana banjir ini, seakan tidak belajar dari pengalaman dalam penanganan bencana banjir.
Kesiapan Pemkab Bandung, Jawa Barat, dalam mengantisipasi banjir di wilayah Kecamatan Baleendah, Dayeuhkolot, dan Kecamatan Bojongsoang, belum membuat nyaman warga yang tinggal di kawasan langganan banjir di tiga wilayah tersebut. Sementara Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat, belum dapat memberikan kejelasan tentang kesiapan tersebut.
Meskipun kini banjir mulai surut, timbul kekawatiran baru dari masyarakat akan dampaknya seperti munculnya penyakit.
Yang perlu diperhatikan pasca banjir adalah ketika banjir surut, bersihkan lumpur dan sampah bersama anggota keluarga dan tetangga di lingkungan tempat tinggal. Biasanya pasca banjir hal yang perlu diwaspadai adalah Demam Berdarah akibat nyamuk dan penyakit lain yang disebabkan oleh kotoran tikus.
Ingat, jangan gunakan air genangan banjir untuk membersihkan perabotan rumah, karena rawan terkontaminasi zat-zat yang berbahaya. Hanya kembali ke rumah ketika sudah ada instruksi dan diperbolehkan oleh petugas di posko evakuasi.
Segera bersihkan barang-barang berharga dari lumpur, karena dikhawatirkan akan berjamur dan lapuk karena terendam air. Antisipasi selalu datangnya banjir dengan membersihkan saluran air, buang sampah pada tempatnya dan lakukan pencegahan-pencegahan lainnya.
Pemerintah harus segera melakukan pengecekan kebersihan lingkungan dan menyediakan fasilitas kesehatan untuk korban dampak banjir, karena pasca banjir beresiko timbul penyakit. (Pena Sukma)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Oknum Perangkat Desa Ditangkap Satreskrim Polres Purworejo

PURWOREJO - wartaexpress.com - Man (35) warga Desa Lubang Sampang yang juga merupakan Perangkat Desa diamankan Satreskrim Polres Purworejo....