Jumat, 26 April 2019

Harga Cabai dan Bawang Di Gunungsitoli Merangkak Naik


GUNUNGSITOLI – wartaekspres.com - Sepekan belakangan ini, sejumlah harga komoditi pasar di Kota Gunungsitoli, Sumatera Utara, merangkak naik. Seperti harga cabai merah, awalnya Rp. 25.000/Kg kini menembus Rp. 60.000 bahkan hingga Rp. 80.000/Kg. Selain cabai, harga bawang merah turut mengalami kenaikan, yakni dari kisaran Rp. 23.000/Kg menjadi Rp. 40.000 s/d Rp. 45.000/Kg.
Menanggapi kondisi tersebut, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Gunungsitoli, Abdul Majid Chaniago, SE, M.Si, mengatakan, bahwa pemicu kenaikan harga cabai dan bawang akibat keterbatasan transportasi laut.
"Benar, saat ini harga cabai dan bawang di pasaran mengalami kenaikan yang sangat signifikan. Penyebabnya lantaran armada transportasi laut yang berkurang," kata Majid kepada wartaekspres.com, Jumat (25/04) pagi.
Dijelaskan Majid, bahwa sebelumnya ada empat armada transportasi laut yang masuk ke Nias membawa pasokan bahan komoditi pasar. Namun kini tinggal dua, karena dua armada lagi dikabarkan mengalami kerusakan atau turun mesin.
"Saya berpesan, distributor cabai dan bawang di Kota Gunungstoli tidak memanfaatkan situasi demi meraup keuntungan besar. Begitupun dengan para pedagang, jangan ada yang berspekulasi harga jual," ujar Majid.
Di akhir wawancara, Majid berharap agar dua armada transportasi laut yang mengalami kerusakan atau turun mesin dapat segera beroperasi kembali. (Van)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Oknum Perangkat Desa Ditangkap Satreskrim Polres Purworejo

PURWOREJO - wartaexpress.com - Man (35) warga Desa Lubang Sampang yang juga merupakan Perangkat Desa diamankan Satreskrim Polres Purworejo....