Minggu, 25 Oktober 2020

Amphibi Wilayah Sumbar dan DPD Tanah Datar Lakukan Sosialisasi Di Kenagarian Sungai Patai


TANAH DATAR - wartaexpress.com -
Rombongan Lembaga Lingkungan Hidup Amphibi Provinsi Sumatera Barat didampingi DPD Amphibi Kab. Tanah Datar mengunjungi Kenagarian Sungai Patai, Kec. Sungayang, Tanah Datar pada Jumat (23/10/2020).

Turut hadir pada kempatan itu Sekwil Amphibi Sumatera Barat, Lingga Ananda, Bendahara Lily Fatmah, Domi (Srikandi Amphibi Sumbar), Ahmad Zaky (Kabiro ITE dan Inforkom), serta Mutiara selaku Pj. Sekretaris Amphibi Tanah Datar.

Rombongan sampai di lokasi pukul 10.00 WIB di Kantor Pemerintah Nagari Sungai Patai disambut oleh Walinagari Sungai Patai, Irfan Zainora bersama Sekretaris Tika Desrini di ruang kerjanya.

Sekwil Amphibi Sumbar menjelaskan, bahwa kedatangan Amphibi ke Nagari Sungai Patai untuk mensosialisasikan lembaga Amphibi sebagai sebuah organisasi yang independen (Non-Pemerintahan) yang akan membantu menghadirkan solusi terkait permasalhan lingkungan hidup dan sosial kemasyarakatan.

Walinagari menyediakan fasilitas Auditorium Nagari untuk Tim Amphibi memaparkan apa itu Lembaga Lingkungan Hidup Amphibi, visi dan misi serta program kerjanya.

Pada kesempatan itu, Sekwil Amphibi Sumbar langsung turun tangan untuk mensosialisakan dan memaparkan di hadapan Walinagari, perangkat Nagari dan perwakilan pemuda Nagari.

Di awal pemaparan, Lingga Ananda selaku Sekwil Amphibi Sumbar menegaskan, bahwa Amphibi merupakan sebuah lembaga lingkungan hidup yang independen dan di-S.K-kan, Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia Pusat yang bersifat netral, berkerja membantu menghadirkan solusi dalam lingkup persoalan lingkungan hidup dan sosial kemasyarakatan.

Lingga juga mengajak Pemerintah Nagari, pemuda Nagari serta masyarakat untuk bersinergi, bahu membahu bersama Amphibi untuk menyelesaikan problem lingkungan hidup dan sosial kemasyarkatan yang ada dan akan timbul di Nagari.

Selanjutnya Lingga mengatakan, bahwa akan mendirikan Program Amphibi yang bernama Kampung Peduli Pencemaran Lingkungan (KPPL) di Nagari, yang nanti pengurusnya akan diisi oleh masyarakat dan pemuda dari Nagari.

“Dengan didirikannya KPPL Amphibi Sungai Patai ini banyak program yang akan kita buat nantinya mulai dari mengembangkan potensi wisata alam, pertanian, pengelolaan sampah menjadi bernilai guna dan benilai jual dan masih banyak lagi yang lainnya,” terang Lingga.

Sementara Tika Desrini selaku Sekretaris Walingari Sungai Patai mengungkapkan harapannya, bahwa dengan kehadiran Lembaga Lingkungan Amphibi Wilayah Prov. Sumatera Barat ke Nagari Sungai Patai akan memberikan dampak positif bagi Nagari Sungai Patai dan masyarakatnya.

Dalam hal ini, yang akan membantu menghadirkan solusi terhadap persoalan lingkungan hidup dan sosial kemasyarakatan, baik yang telah ada maupun yang akan timbul. “Dan saya demi kebaikan masyarakat banyak siap mendukung program ini yang tentunya membutuhkan pembinaan dari Amphibi sendiri,” tukas Tika.

Di sisi lain Dafrinalto selaku tokoh masyarkat menjelaskan, bahwa dirinya telah mencoba memulai untuk melakukan peternakan lele dan ingin mencoba untuk membangun tanaman Hidroponik. “Nantinya dengan dibentuk KPPL Amphibi Sungai Patai harapa saya bisa membawa masyarakat lebih banyak lagi untuk ikut ambil andil dalam kegiatan positif ini,” harapnya. (Tia/Ahmad)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Oknum Perangkat Desa Ditangkap Satreskrim Polres Purworejo

PURWOREJO - wartaexpress.com - Man (35) warga Desa Lubang Sampang yang juga merupakan Perangkat Desa diamankan Satreskrim Polres Purworejo....