Selasa, 26 November 2019

Kolonel Kav Purwadi Tinjau Progres Pembangunan TPS3R Di Sukamukti


BANDUNG - wartaekspres - Kolonel Kav Purwadi, Dansektor Satgas Citarum Harum Sektor VII, Selasa ( 26/11), melakukan peninjauan sekaligus pengecekan dan pengawasan progres pembangunan lokasi pengolahan sampah dengan sistem TPS3R (Tempat Pengelolaan Sampah Reuse-Reduce-Recycle ) di Kampung Babakan Tori RW 03, Desa Sukamukti, Kecamatan Ketapang, Kabupaten Bandung.
Selain itu, Kolonel Kav Purwadi juga melakukan peninjauan pembangunan Taman Ceria di Kampung Bojongasih, Kelurahan Dayeuhkolot, Kabupaten Bandung.
Dijelaskan Kolonel Kav Purwadi, bahwa TPS3R adalah Tempat Pengelolaan Sampah Reuse, Reduce dan Recycle, artinya mengurangi, menggunakan dan daur ulang.
Menurutnya, pengelolaan 3R mulai dari menjemput sampah di tiap rumah penduduk dan dilakukan pemilahan sampah, dari pengelolaan sampah organik yang akan dijadikan kompos.
Kolonel Kav Purwadi menambahkan, bahwa program ini adalah agar pemerintah melalui Dinas PUPR memberikan sarana kepada masyarakat di kawasan permukiman padat yang ingin melaksanakan pengelolaan sampah berbasis masyarakat, yang sesuai dengan pilihan dan kondisi lingkungan sekitar mereka.
Dikatakan Kolonel Purwadi, bahwa tujuan di TPS 3R ini adalah, agar masyarakat dapat mengenal fungsi TPS 3R, dapat mengenal sampah berdasarkan jenis dan dapat melakukan pengomposan, dimana operator dapat melakukan pemilahan sampah dan pengomposan tingkat  kawasan.
“Selanjutnya, menyediakan pupuk organik yang murah dan berkualitas untuk petani guna mendongkrak perekonomian daerah serta membentuk legalitas struktur organisasi yang terpercaya dan mandiri,” ungkapnya.
Di TPS3 R ini juga dipadukan dengan ingerator, dimana sisa dari residu nantinya sampah akan dibakar di sini, kemudian sampah yang sudah diproses yang ada di Desa Sukamukti kita harapkan akan habis di sini.
“Perlu diketahui, bahwa pembangunan TPS3R ini merupakan bantuan dari APBN melalui Dinas PUPR dengan anggaran sebesar Rp. 5,50 juta, kita harapkan pengerjaannya dapat selesai pada tanggal 15 Desember dan bisa dimanfaatkan masyarakat di sini,” jelasnya.
“Di wilayah kerja kami, TPS3 R baru punya dua, salah satunya berada di Kampung Pesawahan, dan sudah berfungsi serta sudah bekerjasama dengan Bank Sampah, dimana masyarakat di Pesawahan sudah mempunyai penghasilan tambahan,” terangnya.
Di tempat yang sama, Angga selaku Ketua KSM, mengucapkan terima kasih atas bimbingan dan arahan dari Kolonel Kav Purwadi, yang telah membantu kegiatan pembangunan TPS3R. “Sehingga apa yang menjadi harapan warga Sukamukti untuk memiliki TPS3R bisa terwujud,” tandasnya. (Arbim/Pena Sukma)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Oknum Perangkat Desa Ditangkap Satreskrim Polres Purworejo

PURWOREJO - wartaexpress.com - Man (35) warga Desa Lubang Sampang yang juga merupakan Perangkat Desa diamankan Satreskrim Polres Purworejo....