Selasa, 26 November 2019

Dansektor VII Tanam Benih Pohon Mangga Bersama Unibba Di Bantaran Citarum


BANDUNG - wartaekspres - Mahasiswa Universitas Bale Bandung (Unibba) melaksanakan KKN dengan penanaman pohon di bantaran Sungai Citarum wilayah Sektor VII. Penanaman pohon ini untuk ketiga kalinya di Kampung Tembul RW 16, Desa Sukamukti, Kecamatan Ketapang, Kabupaten Bandung, kali ini mahasiswa Unibba yang dipandu rektornya, Brigjen (Pur) TNI Dr. Ir. H Nasep Rachmat, MM, M.Si, S.Sos, menanam 102 benih pohon Mangga jenis Arumanis.
“Latar belakang dilakukannya penanaman ini ialah, pertama kewajiban dalam tematik KKN Unibba 2019 yang bertemakan Citarum Harum. Kedua sebagai pelaksanaan dalam menyukseskan program pemerintah mengenai Citarum Karum. Ketiga reboisasi serta memperkuat struktur tanah yang berada di bantaran Sungai Citarum.
Dijelaskan, H. Nasep Rachmat, bahwa pelaksanaan penanaman benih pohon Mangga dilakukan pada pukul 08.00 Wib, secara serentak berkoordinasi dengan Satgas Sektor VII Citarum Harum di bawah komando Kolonel Kav Purwadi selaku Dansektor VII.
“Penanaman dilakukan di lahan bantaran Sungai Citarum yang pada nantinya dirawat dan menjadi tanggung jawab masyarakat sekitar,” ujarnya.
Menurut H. Nasep, permasalahan saat ini yang sering muncul di bantaran Sungai Citarum adalah kurangnya penghijauan, dan kualitas struktur tanah yang rendah. Adanya penanaman pohon ini membuat masyarakat menjadi lebih produktif dalam menggarap dan merawatnya. “Sehingga diharapkan adanya tindakan seperti ini dapat menyukseskan program pemerintah untuk membuat Sungai Citarum serta bantarannya lebih fungsional,” jelasnya.
Di tempat yang sama, Kolonel Kav Purwadi, menegaskan, bahwa pada hari ini Selasa (26/11), kedatangan mahasiswa dari Kampus Universitas Bale Bandung, untuk melakukan penanaman benih pohon Mangga di bantaran Sungai Citarum wilayah Satgas Sektor VII Citarum Harum. “Hal itu dalam rangka menindaklanjut kerjasama kami dalam menata bantaran Sungai Citarum, guna melestarikan alam yang berada di bantaran Sungai Citarum,” ucapnya.
Dikatakan, bahwa kerjasama ini untuk yang ketiga kalinya dengan Universitas Bale Bandung, dan kali ini kami bersama mahasiswa Unibba, menanam 102 benih pohon Mangga mudahan-mudahan bisa bermanfaat, bagi masyarakat dan kami persembahkan untuk masyarakat. “Namun demikian, kami berharap masyarakat bisa merawatnya agar ke depannya pohon mangga ini bisa tumbuh dengan baik,” pungkasnya. (Arbim/Pena Sukma)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Oknum Perangkat Desa Ditangkap Satreskrim Polres Purworejo

PURWOREJO - wartaexpress.com - Man (35) warga Desa Lubang Sampang yang juga merupakan Perangkat Desa diamankan Satreskrim Polres Purworejo....