Selasa, 26 November 2019

GNPK RI Jawa Barat Lakukan Wasmas Ketat Terhadap Pelaksanaan Kegiatan Anggaran Menjelang Akhir Tahun Anggaran 2019


BANDUNG - wartaekspres - GNPK RI selaku ormas yang berskala nasional, pergerakannya focus terhadap pencegahan korupsi, menghawatirkan di pelaksanaan akhir tahun anggaran 2019, disinyalir bakal terjadi indikasi penyimpangan program dan anggaran pada instansi Pemerintah khususnya di wilayah Kab/Kota di Jawa Barat.
Indikasi penyimpangan tersebut antara lain adanya penggunaan anggaran yang bukan peruntukkannya, merubah spek teknis kegiatan pembangunan, menaikan harga satuan suatu kegiatan, mensiasati pekerjaan agar prestasi kegiatan 100 % padahal belum mencapai 100%. Hal ini semata hanya untuk mengejar daya serap anggaran daerah agar tercapai optimal. Demikian disampaikan N.S. Hadiwinata, Ketua Gerakan Nasional Pencegahan Korupsi RI Pengurus Wilayah Jawa Barat (GNPK RI) kepada wartaekspres, Selasa (26/11) sore.
Modus seperti ini adalah merupakan bentuk persekongkolan para pejabat, diantaranya Kadis, Sekda dan bahkan Kepala Daerah dan para pengelola proyek lainnya. Dalam hal ini tidak sedikit para pelaku usaha yang menjadi korban karena tekanan harus membuat laporan prestasi pekerjaan 100%. Untuk itu kami GNPK RI Jawa Barat menerjunkan  Tim Khusus (Timsus) agar dapat melakukan pengawasan secara ketat terhadap kemungkinan- kemungkinan adanya peluang penyimpangan program dan anggaran tersebut, sehingga mengakibatkan adanya kerugian negara dan berakibat pada prilaku perbuatan melawan hokum, karena adanya tindak pidana korupsi, lanjut N.S. Hadiwinata.
“Sekali lagi saya tegaskan kepada Timsus Tipikor Jawa Barat, agar betul-betul melakukan pengawasan sehingga mencegah terjadinya tindak pidana korupsi. Namun, demikian bila nanti ditemui adanya penyimpangan tersebut, GNPK RI akan segera melakukan laporan aduannya kepada penegak hokum, agar mempertanggung jawabkannya secara hukum di Pengadilan Tipikor. Kami ucapkan selamat bekerja kepada Timsus Tipikor GNPK RI Jawa Barat dan Salam Antikorupsi,” pungkasnya. (M.Fauji)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Oknum Perangkat Desa Ditangkap Satreskrim Polres Purworejo

PURWOREJO - wartaexpress.com - Man (35) warga Desa Lubang Sampang yang juga merupakan Perangkat Desa diamankan Satreskrim Polres Purworejo....