Rabu, 27 Mei 2020

Bupati dan Wakil Bupati Nisbar Launching Bantuan Sosial Sosial JPS Prov. Sumut Di Mandrehe


NIAS BARAT - wartaekspres - Pemerintah Kabupatèn Nias Barat, Launching Penyaluran Bansos JPS Pemprov Sumur di wilayah Kecamatan Mandrehe dipimpin Bupati dan Wakil Bupati Nias Barat, bertempat Aula Kantor Camat Mandrehe, Rabu (27-5-2020).
Diawali dengan Laporan Kadis Sosial selaku Ketua Tim Penyaluran Bansos menjelaskan, bahwa Bansos yang dilaunching hari ini adalah Bansos JPS Provinsi Sumut wilayah Kecamatan Mandrehe sebanyak 3.546 KPM.
Dalam pengadaan Bansos JPS ini, untuk menjaga kualitas barang yang dibeli maka Tim Gugus Kabupatèn Nias Barat telah manjalin kerjasama dengan Perum Bulog Cabang Nias di Gunungsitoli. Setiap penyaluran bansos harus diuji-petik bahan pangan JPS yang akan dibagikan kepada masyarakat yang bertujuan memastikan volume, takaran dan jumlah bahan yang dibagi.
Sedangkan mulai dari Gudang Bulog hingga ke rumah-rumah penduduk dikawal oleh TNI-Polri, Satpol PP dan Tim Gugus lainnya, serta biaya angkutan (transporrasi) barang mulai dari Bulog hingga kepada warga yang menerima ditanggung oleh Gugus Kabupatèn.
Selanjutnya sambutan mewakili Forkompika disampaikan oleh Danramil 08/Mandrehe, Kapten Inf. Parluhutan Sihombing, yang menghimbau masyarakat penerima bansos agar menjaga ketertiban selama proses penyaluran bansos berlangsung.
Arahan dari Bupati Nias Barat selaku Ketua Gugus menyampaikan, bahwa pembagian bansos pemerintah harus benar-benar teliti dan jangan asal-asalan, supaya tidak memicu permasalahan, dan bukan sengaja diperlambat tetapi kita bagi secara bertahap karena bukan hanya satu jenis bansos yang kita bagi.
“Bansos ini hanya setetes embun di tengah samudera, artinya bansos ini hanya sedikit dan tidak menjawab kebutuhan masyarakat secara keseluruhan. Oleh itu, kepada para wartawan dihimbau untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat melalui berita-berita yang ditulis,” ujar Bupati.
Selanjutnya Bupati mengatakan, bahwa kita langsung kerjasama dengan Bulog dan sedikit berbeda dengan yang lain demi mendapatkan kualitas bahan/barang yang dibagikan serta sebelum diserahkan kepada keluarga penerima, terlebih dahulu di ujipetik jumlah, takaran dan kualitas barang, seperti beras premium 10 kg, gula 2 kg, minyak makan 1 liter, susu 1 kaleng dan mie instan 20 bungkus. “Sementara proses penyaluran dan pembagian hingga kepada warga penerima, akan dikawal oleh Polri-TNI, Satpol PP dan Tim Gugus Kabupatèn,” jelas Bupati.
Lebih lanjut dijelaskan Bupati, bahwa jenis-jenis bansos yang telah, sedang dan akan dibagi kepada masyarakat mulai dari bansos Kemensos RI berupa Bantuan Sosial Tunai (BST), Bansos Gubernur (JPS Pemprov Sumur), Bansos Pangan Kabupaten dan BLT Desa. “Juga bansos tunai bagi hamba Tuhan, PKH dan sembako rutin dari Kemensos RI,” papar Bupati.
Di akhir arahannya, Bupati menghimbau masyarakat silahkan bercocok tanam, tanam pisang, ubi, talas dan jenis tanaman lainnya, sebagai upaya dalam menghadapi kondisi saat ini.
Kata penutup dari Camat Mandrehe yang mewakili 3.546 dan 20 kepala desa mengucapkan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada Pemerintah Kabupaten Nias Barat yang telah memfasilitasi penyaluran bansos bagi warga Kecamatan Mandrehe. Selanjutnya Camat Mandrehe memandu pembagian masker bagi 20 desa wilayah Kecamatan Mandrehe. (Aperius Gulo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Oknum Perangkat Desa Ditangkap Satreskrim Polres Purworejo

PURWOREJO - wartaexpress.com - Man (35) warga Desa Lubang Sampang yang juga merupakan Perangkat Desa diamankan Satreskrim Polres Purworejo....