Jumat, 29 Mei 2020

Banjir Rob Terjang Sebawi, Koramil Sambas Bersama Polsek Bantu Warga


SAMBAS - wartaekspres - Hujan deras mengguyur wilayah Sebawi disertai air pasang mengakibatkan banjir Rob yang melanda dua dusun di Desa Tebing Batu, Kecamatan Sebawi, Kabupaten Sambas, Jumat (29/5/20).
Koramil 1208-01/Sambas dan Polsek Sambas bersama masyarakat bergotong-royong menolong warga yang rumahnya terendam banjir. Hujan deras yang terjadi pada hari Kamis (28/5) kemarin mengakibatkan banjir Rob. Selain merendam jalan raya, banjir juga ikut merendam beberapa rumah penduduk di Dusun Mekar Sari dan Dusun Sebatu, Desa Tebing Batu, dengan ketinggian air rata-rata ± 20 cm hingga ± 40 cm.
Danramil 1208-01/Sbs, Kapten Inf Sulistiono menuturkan, bahwa untuk wilayah Kab. Sambas umumnya fenomena alam banjir Rob sering terjadi apabila intensitas curah hujan yang cukup tinggi disertai pasangnya air laut.
Sementara itu, Dandim 1208/Sambas, Letkol Inf Setyo Budiyono, SH, M.Tr (Han), menyampaikan, bahwa di musim penghujan yang disertai dengan pasangnya air laut biasa terjadi di Kec. Sebawi dengan debit ketinggian air bervariasi.
Letkol Inf Setyo juga mengatakan, bahwa hujan yang terjadi kemarin mengakibatkan banjir Rob sepanjang 2 km di jalan raya Sambas-Singkawang dengan ketinggian air ± 40 cm, yang menimbulkan kemacetan panjang.
Koramil bersama dengan Polsek Sambas mengatur lalu lintas dengan sistem satu jalur secara bergantian sampai normal kembali. "Saya sudah perintahkan Danramil 1208-01/Sbs agar berkoordinasi dengan Polsek Sambas untuk mengatasi banjir Rob dan membantu warga serta mengurai kemacetan yang terjadi," katanya.
"Untuk kerugian nihil, dan warga yang rumahnya terendam banjir sampai saat ini masih bertahan di rumah masing-masing, karena banjir Rob seperti ini diperkirakan 4-5 jam. Dan akan berangsur surut seperti semula," ungkapnya. (Rls/danil)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Oknum Perangkat Desa Ditangkap Satreskrim Polres Purworejo

PURWOREJO - wartaexpress.com - Man (35) warga Desa Lubang Sampang yang juga merupakan Perangkat Desa diamankan Satreskrim Polres Purworejo....