Kamis, 12 Maret 2020

DR. Dadang Supriyatna, SE, MM Terima Gelar Doktor Dari Istituto Educando Para a Paz Brasil


JAKARTA - wartaekspres - H.R.H. Prince DR. R.D. Supriyatna, SE, MM, Direktur Utama PT. Wahana Lestari Makmur, perusahan yang bergerak di bidang General Trading, Hoding dan Invesment, telah menjalani ujian dan menyelesaikan Program S3 dalam ilmu Ekonomi Manajemen Perbankkan dengan Desertasi berjudul “Finance Engineering”.
Atas dasar penyelesaian desertasi tersebut, maka Instituto Educando Para a Paz (IEP) Republica Federaliya Do Brasil, memberikan gelar Doktor (DR) di bidang Finance Engineering. Sistem pengujian desertasi ini dilaksanakan dengan 2 metode yaitu metode interview dan pemaparan materi, Kamis (12/03/2020).
Instituto Educando Para a Paz (IEP) adalah sebuah institut (perguruan tinggi) bertaraf Internasional yang ada di Amerika Latin, tepatnya di negara Brazil.
Brazil kita kenal dengan kota bola, dimana hampir 46% laki-lakinya terjun ke bidang olahraga ini, disamping itu juga Brazil banyak melahirkan sumber daya manusia di bidang edukasi dan pebisnis handal.
Hasil penelitian yang dituangkan dalam disertasinya menyebutkan, bahwa layanan finance berbasis investasi melalui metode Holding dan Trading dapat memberikan nilai tambah yang berdampak positif bagi pengembangan berbagai klasifikasi usaha dan kemajuan ekonomi sebuah negara. Tidak hanya terbatas pada kemajuan ekonomi saja, namun dapat pula meningkatkan sumber daya manusia dan kestabilan fluktuasi neraca mata uang dan inflasi.
Financial engineering, dalam Bahasa Indonesia dapat diartikan teknik finansial, adalah bidang multidisipliner yang melibatkan teori finansial, metode keteknikan, dan peralatan matematika dan praktik pemprograman.
Teknik finansial telah didefinisikan sebagai aplikasi dari metode teknis, terutama dari matematika keuangan dan keuangan komputasional dalam mempraktikkan keuangan. Meski dinamai teknik, tetapi teknik finansial tidak tergabung dalam bidang ilmu teknik pada umumnya. Accreditation Board for Engineering and Technology ABET tidak memberikan akreditasi untuk teknik finansial, melainkan oleh International Association of Financial Engineers. Teknik finansial memanfaatkan peralatan matematika terapan, ilmu komputer, statistika, dan teori ekonomi.
Dalam definisi yang lebih luas, siapapun yang menggunakan peralatan teknis di bidang finansial disebut sedang melakukan teknik finansial, seperti contoh programmer di bank yang juga memiliki tugas dalam bidang keuangan. Namun kebanyakan praktisi membatasi istilah "teknik finansial" tidak hanya pada insinyur yang bekerja di lembaga keuangan, tetapi juga orang yang telah mendalami ilmu keuangan modern dan bergerak di bidang finansial, hingga yang telah menemukan produk, desain, atau proses di bidang finansial yang baru seperti layaknya insinyur pada umumnya.
Dengan semakin kompleks dan canggihnya perkembangan industri keuangan dan financial market, maka pendekatan melalui ilmu ekonomi dan keuangan (financial economics) menjadi semakin kurang efektif lagi. Maka ilmu ekonomi keuangan memerlukan kolaborasi baru dengan beberapa disiplin ilmu lainnya.
Mengapa demikian? Hal tersebut disebabkan oleh semakin kompleks dan meningkatnya risiko (volatilitas) yang sulit diprediksi (unpredictable). Industri finansial masa depan membutuhkan “pendekatan baru” yang mampu mengimbangi kerumitan, risiko dan kecepatan transaksi yang semakin tinggi. Selain itu instrumen-instrumen keuangan dan investasi juga semakin rumit, eksotis disertai pasar finansial global saling terkait satu dengan lainnya.
Untuk mengatasi hal tersebut diperlukan sebuah teroboson keilmuan baru yaitu melalui pendekatan quantitative atau matematis dalam bidang corporate finance dan financial market & institutions. Disiplin ilmu yang saat ini dikembangkan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah Financial Engineering. Ilmu financial engineering biasa disebut juga dengan quantitative finance, financial mathematics, atau computational finance.
Lalu apakah sejatinya financial engineering tersebut? Columbia University (2015) mendefinisikannya sebagai “ilmu multidsiplin” yang menggabungkan teori ekonomi keuangan, metode matematika, praktik programming (komputasi) dan konsep engineering.
Secara umum financial engineering menggabungkan beberapa konsep keilmuan sekaligus yang mencakup pemodelan pasar finansial dan instrumen seperti proses stokastik, optimisasi, teknik numerik, simulasi Monte Carlo dan analisis data keuangan. Di samping itu, financial engineering juga dibekali dengan teori portofolio dan analisis investasi, keuangan korporasi, market microstructure theory, financing & risk, valuasi aset & derivatif, manajemen aset, fixed income & term structure, algorithmic trading, structured & hybrid product, financial technology dan analisis risiko keuangan.
Praktisi financial engineering kerap disebut sebagai financial engineers atau “the quants” karena kelebihannya dibidang kuantitatif dan komputasi keuangan. Profesi ini semakin diminati oleh financial management, perusahaan sekuritas, industri perbankan, asuransi, kantor konsultan keuangan, investment bankers, hedge funds dan asset management karena kemampuannya menggabungkan konsep asset pricing & derivative, portfolio optimization, corporate economics dan risk management secara efektif. Sejauh ini program master of financial engineering menawarkan konsentrasi
1. Asset Management & Optimization. 2. Finance and Economics. 3. Derivatives & Risk Management. 4. Computation Finance & Programming. 5. Computation & Trading Strategy and, 6 Financial Technology. Kita dapat memilih konsentrasi sesuai dengan kualifikasi dan minat profesiional.
Beberapa perusahaan MNC yang kerap menggunakan jasa financial engineers adalah Barclays, Goldman Sach, JP Morgan, Citi Group, Black Rock, Credit Suisse, Bloomberg, Standard & Poor’s, Morgan Stanley, Deutsche Bank, Standard Chartered Bank, AXA Equitable, Ernst & Young, PwC, Perry Capital etc. Selain di perusahaan keuangan, anda dapat berkarir di manajemen keuangan dan tresuri serta manajemen risiko untuk perusahaan industri dan manufaktur lainnya.
Jika berminat menjadi financial engineer, saat ini sudah banyak berbagai universitas kelas dunia yang menyediakan disiplin ilmu ini dengan berbagai nama program seperti financial engineering, quantitative finance, financial mathematics dan computational finance seperti Columbia University, NYU, University of Chicago, UCLA, UC Berkeley, MIT, Standford University, Princeton University, Carnegie- Mellon, Cornel University, Georgia Institute of Technology, University of Southern California, Boston University, University of Washington, National University of Singapore etc. Untuk universitas nasional, Departemen Matematika ITB menawarkan program sarjana Matematika Industri dan Keuangan dan School of Business and Management ITB membuka program magister MSM Finance (Quantitative).
Jika anda berlatar belakang matematika, statistika, fisika, teknik, ekonomi keuangan atau menyukai bidang kuantitatif, silakan mencoba tantangan baru ini. Semoga bermanfaat. (Rls/Red)

9 komentar:

  1. ini orang kebanyakan janji saja, ALIS PEMBOHONG

    BalasHapus
    Balasan
    1. Serius Pak Buk.
      Boleh minta info lanjutnya???

      Hapus
    2. apakah ada hubungannya pak/bu? kalau ada saya minta kontak bapak/ibu, beliau ini tidak bisa saya hubungi lg.

      Hapus
  2. saya sama tertipu kebanyakan janji saja.

    BalasHapus
  3. Entah keluarganya atau anaknya ataupun keluarga besarnya tolong diingatkan, dia punya hutang ke keluarga saya yg jumlahnya besar.

    BalasHapus
  4. semoga tidak ada ibu/bapak yg lain terkena tipu oleh dia.

    BalasHapus

Oknum Perangkat Desa Ditangkap Satreskrim Polres Purworejo

PURWOREJO - wartaexpress.com - Man (35) warga Desa Lubang Sampang yang juga merupakan Perangkat Desa diamankan Satreskrim Polres Purworejo....