Jumat, 27 Desember 2019

Guna Meningkatkan ODF 100%, Dansekror 22 Citarum Harum Lakukan Sosialisasi Di Kel. Cigereleng


BANDUNG - wartaekspres - Dalam rangka untuk mendukung serta meningkatkan ODF 100% pada tahun 2020, Dansektor 22 Citarum Harum, Kol. Inf. Asep Rahman Taufik, mengisi hari-harinya dengan mengadakan Sosialisasi Program Citarum Harum dari kecamatan ke kecamatan lain se-Kota Bandung, di sela kegiatan lainnya dan hari ini di Kecamatan Regol, Jumat (27/12/2019)
Sosialisasi ini merupakan program kerjanya sebagai upaya untuk merubah paradigma masyarakat, supaya hidup lebih baik lagi dalam prilaku bersih dan tidak jorok, utamanya tidak lagi membuang sampah dan buang air besar ke sungai, bertujuan untuk mendukung meningkatkan ODF Kota Bandung 100% di tahun 2020 dan memasifkan programnya yaitu Kang Pisman, yang selama ini Kota Bandung menghasilkan sampah sebanyak 165,6 ton per hari yang nantinya bisa dikurani dan sampah bisa bermanfaat.
"Selama ini kita sudah bekerjasama dengan Pemerintahan hingga keseluruh pelosok aparat kewilayahan dalam melaksanakan Program Citarum Harum yang beriringan dengan Program Kang Pisman, Bebas ODF dan Stunting," ujar Dansektor 22.
Kolonel Asep Rahman Taufik pun menerangkan, bahwa tujuh permasalahan di Kota Bandung, yang mengakibatkan tiap sungai kotor oleh limbah, baik limbah kimia ataupun limbah domestik (sampah rumah tangga dan tinja).
Sosialisasi dihadiri oleh seluruh Ketua RW se-Kelurahan Nyengseret Regol, Dharma Wanita, Karang Taruna, mahasiswa UPI, Lurah Nyengseret, Kapolsek Regol, Danramil dan beberapa dari perwakilan Kecamatan Regol.
Ia lebih menerapkan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) sebuah tindakan pola hidup dengan 5 pilar prilaku sehari-hari supaya hidup sehat, bersih dan apik. "Bahkan dalam ajaran agama pun dikenal sebagai Bab Thoharoh" katanya.
"Saat ini buang air besar masyarakat yang terakses ke komunal sehat baru 209.000 KK dari sebelumnya 249.000 KK, peningkatan yang luar biasa dalam setahun ini, terlebih ke depan Pemkot Bandung sudah menjalin dengan kami akan fokus membangun Ipal Kominal sudah mengondisikan dari beberapa sumber dana," jelas Dansektor 22. (Pena Sukma)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Oknum Perangkat Desa Ditangkap Satreskrim Polres Purworejo

PURWOREJO - wartaexpress.com - Man (35) warga Desa Lubang Sampang yang juga merupakan Perangkat Desa diamankan Satreskrim Polres Purworejo....