Senin, 30 Desember 2019

Tingkatkan SDM Jurnalistik, Lebar Media Group Gelar Pelatihan


BANDUNG - wartaekspres - Dalam rangka meningkatkan sumber daya manusia (SDM) khususnya dalam menambah wawasan penulisan berita dan pengetahuan tentang dunia digital bidang jurnalistik, PT Lebar Media Group gelar Pelatihan Penulisan Dasar Jurnalistik di Workshop Taman Rahayu 3 B3 No. 7, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.
"Kegiatan ini diikuti beberapa media, baik yang tergabung dalam Lebar Media Group maupun media lain, serta unsur umum yang ingin lebih jauh mengetahui dan memahami dunia jurnalistik dan ruang lingkupnya," ujar Direktur PT Lebar Media Group, Iwa Permana, Minggu (29/12/2019).
Iwa mengatakan, bahwa pada kegiatan kali ini, para peserta ditugaskan untuk mempraktekkan langsung cara-cara membuat karya tulis jurnalistik dengan unsur 5W H1 (what, why, when, who, where dan how).
"Alhamdulillah, sesuai rencana, kegiatan ini diisi dengan narasumber yang kompeten di bidangnya," ungkap Iwa yang juga Pemimpin Redaksi Lensajakarta.com ini.
Dikesempatan tersebut, salah seorang narasumber M. Sudama Dipawikarta yang akrab disapa Kang Dhipa menyampaikan, bahwa jurnalistik adalah ilmu, teknik dan proses yang berkenaan dengan penulisan berita, feature dan artikel opini di media massa, baik media cetak, elektronik, maupun online.
"Pengertian jurnalistikpun punya kaitan yang erat dengan media massa, profesi kewartawanan maupun komunikasi media. Jadi jurnalistik adalah laporan tentang peristiwa sehari-hari yang saat ini kita kenal dengan berita. Dan berita adalah laporan peristiwa, aktual, faktual, penting dan menarik yang dipublikasikan (dimuat) di media massa," ungkapnya.
Sementara, Dansektor 8 Citarum Harum, Kolonel Inf. Belyuni menambahkan, bahwa pentingnya peran masyarakat untuk bersama-sama mengatasi persoalan Sungai Citarum agar terjaga kebersihannya.
"Saya berharap, dengan menjaga untuk tidak membuang sampah ke sungai juga limbah-limbah pabrik agar tidak dibuang kesungai untuk menjadi perhatian," ungkapnya.
Lebih lanjut dijelaskan, bahwa sejak 2014 sampai 2019 banjir sudah tidak seperti dulu lagi artinya sudah banyak kemajuan dan perkembangan.
"Yang terpenting, sinergitas semua stakeholder dapat terus ditingkatkan. Dan saya juga menghimbau, kepada siapapun, baik wartawan maupun warga yang jelas-jelas dan memiliki bukti serta fakta dengan jelas menemukan adanya pembuangan limbah ke DAS Citarum dari pabrik-pabrik sekitar, tolong laporkan kepada kami, kami akan menindaklanjuti sesuai prosedur," tandasnya.
Selain itu, katanya, peran serta para pekerja media juga tidak kalah pentingnya. Wartawan juga sangat diperlukan untuk mempublikasi berita-berita maupun artikel tentang Sungai Citarum agar menjadi harum.
Di tempat yang sama, Manajer IT Lebar Media Group, Ilah memberikan wawasan mengenai bagaimana lompatan teknologi informasi yang begitu cepat, termasuk juga di bidang jurnalistik.
"Saat ini, wartawan harus benar-benar dapat mengikuti dan mengembangkan wawasan serta menguasai bidang IT. Ini harus dibekali dan perlu dilakukan agar SDM Jurnalistik tidak ketinggalan informasi," ucapnya. (Pena Sukma)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Oknum Perangkat Desa Ditangkap Satreskrim Polres Purworejo

PURWOREJO - wartaexpress.com - Man (35) warga Desa Lubang Sampang yang juga merupakan Perangkat Desa diamankan Satreskrim Polres Purworejo....