Rabu, 25 Desember 2019

Rutan Depok Ijinkan Warga Binaan Rayakan Natal Bersama Keluarga


DEPOK - wartaekspres - Dentang lonceng Natal telah tiba, memanggil umat Kristiani untuk bersuka cita merayakan kelahiran Kristus Sang Juruselamat dunia. Tak ketinggalan pula warga binaan Nasrani yang sedang menjalani masa pidana di Rutan Kelas IIB Depok. Sejak malam Natal, 24 Desember 2019, mereka berbondong-bondong menuju Gereja Oikumene “Anugerah” yang berada di dalam area Rutan Depok, untuk mengikuti ibadah Malam Natal bersama-sama dengan petugas dan tim pelayanan dari Issc Prison Ministry Depok, Rabu (25/12).
Hari ini, Rabu, 25 Desember 2019, Ibadah dan perayaan Natal bagi 94 orang WBP yang terdiri 4 orang wanita dan 80 orang laki-laki Rutan Depok, dimulai pada pukul 09.00 WIB dan diawali dengan acara Penyerahan Remisi Khusus Natal 2019 oleh Ka. Rutan Bawono Ika Sutomo. Sejumlah 46 orang narapidana mendapatkan Remisi Khusus Natal yang terdiri pidana khusus 9 orang dan pidana umum 37 orang, mendapatkan RK II nihil sedangkan 46 orang lainnya mendapatkan RK I dengan besaran remisi bervariasi mulai dari 15 hari sampai dengan 1 bulan 15 hari.
Pemberian Remisi Khusus Natal ini melalui Surat Keputusan Menteri Hukum dan HAM Republik Indonesia Nomor : PAS-1446.PK.01.01.02. Tahun 2019.
Pesan Menkumham yang disampaikan oleh Bawono Ika Sutomo pada moment Natal ini menyampaikan, bahwa Natal merupakan saat untuk memberi dan menerima berkat, maka jadilah pembawa cinta kasih, damai dan terang bagi dunia. “Mari meningkatkan kinerja, mempercepat pelayanan dan secara tegas memberikan kepastian hukum bagi seluruh lapisan masyarakat,” himbaunya.
Terkhusus bagi warga binaan pemasyarakatan, Yasonna berpesan agar mereka tetap kuat dan jangan kehilangan harapan. Tidak ada yang tidak mungkin, tetap percaya, berbuat baik dan bersinarlah, karena sejatinya kita semua memiliki kesempatan untuk bertransformasi dan menjadi manusia yang jauh lebih baik.
Ibadah yang dipimpin oleh Pdt. Silfana Fanny Pinontoan dari Gereja Sidang Jemaat Allah (GSJA) ini mengangkat tema Natal nasional yaitu “Hiduplah sebagai Sahabat bagi Semua orang” (Yohanes 15 : 14-15) diselenggarakan secara sederhana, namun tetap terasa khidmat dan sarat makna.
Tak hanya WBP yang antusias mengikuti kebaktian Natal tersebut, Rutan Depok juga turut mengundang keluarga masing-masing warga binaan untuk ikut serta merayakan Natal bersama di Gereja dalam Rutan Depok. Menggunakan dress code bernuansa warna merah yang menggambarkan kedamaian dan sukacita Natal, para warga binaan juga dapat merasakan kehangatan dan bersilaturahmi dengan keluarganya pada momen Natal yang berbahagia ini.
Kepala Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Depok, Bawono Ika Soetomo dalam sambutannya sesaat setelah menyerahkan secara simbolis Remisi Khusus kepada perwakilan dari Warga Binaan di Gereja Oikoumene Anugerah Rutan Depok, mengucap syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, karena atas perkenan-Nya, kita dapat hadir di tempat ini untuk menyerahkan Remisi Khusus kepada WBP
Dia juga menyampaikan terima ksih kepada Boy G. Sagara, Kasubsie Yantah Rutan Depok, serta seluruh petugas Rutan, karna telah memberikan pelayanan yang maksimal kepada WBP. Karutan juga menyampaikan terima kasih kepada Pendeta Silfana Fanny Pinontoan karena telah hadir melayani WBP untuk melaksanakan ibadah Natal.
“Selain tanggal 25 Desember, hari ini, Rutan Depok juga telah memberikan WBP untuk merayakan Natal bersama keluarga pada tanggal 13 Desember yang lalu,” ujarnya.
“Saya berbangga dan bersukacita, karena bisa ibadah di Gereja Oikoumeneh Anugerah Rutan Depok ini, Natal kali ini adalah momentum yang baik, bisa merayakan Natal hari ini. Semoga Natal tahun ini dapat membawa damai dan sukacita tidak hanya bagi umat Kristiani, tapi bagi keselamatan seluruh umat manusia di muka bumi ini, karna tanpa kasih Allah, kita tidak bisa hidup sesuai dengan apa yang kita inginkan,” imbuhnya. (Humas Rutan Kelas IIB Depok/Vincent)






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Oknum Perangkat Desa Ditangkap Satreskrim Polres Purworejo

PURWOREJO - wartaexpress.com - Man (35) warga Desa Lubang Sampang yang juga merupakan Perangkat Desa diamankan Satreskrim Polres Purworejo....