Selasa, 29 Oktober 2019

Dansektor 13 Citarum Harum Ajak Masyarakat Darangdan Dukung Percepatan DAS Citarum


PURWAKARTA - wartaekspres - Sesuai Peraturan Presiden Republik Indonesia No. 15 Tahun 2018 tentang Percepatan Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum, Panglima Kodam III/Siliwangi bertugas sebagai Wakil Komandan Bidang Penataan Ekosistem I, di bawah komando Gubernur Jabar sebagai Komandan Satuan Tugas.
Kolonel Inf. Nazwardi Irham, Komandan Sektor 13 Citarum Harum, menyampaikan, bahwa upaya pemerintah dalam mewujudkan program percepatan pengedalian DAS Citarum memerlukan dukungan sekaligus keterlibatan dari semua pihak. Demikian dikatakan Komandan Sektor 13, Kolonel Inf. Nazwardi Irham saat menggelar sosialisasi Citarum Harum di Kecamatan Darangdan, Kabupaten Purwakarta, Selasa (29/10-2019).
“Tentunya tanpa dukungan semua elemen program ini tidak akan tercapai,” ujar Dansektor 13 saat menjadi narasumber.
Dijelaskanya, bahwa mayoritas pencemaran Sungai Citarum bukan hanya limbah dari industri dan peternakan saja, akan tetapi juga berasal dari limbah domestik yaitu limbah yang dihasilkan dari aktivitas masyarakat sehari-hari.
“Anggota Satgas itu ada dari Bandung, Cirebon, Indramayu, Banten, yang sengaja datang untuk membersihkan tempat warga di sini. Saya harap masyarakat bisa menjaga lingkungan tidak membuang sampah seenaknya,” jelasnya.
Selain itu, Dansektor juga sempat menyinggung soal gelontoran dana yang masuk ke Kas Desa tiap tahunnya. Pihaknya meminta agar bisa dialokasi kan untuk pengedalian limbah lingkungan, seperti penyediaan tempat pembuangan sampah sementara.
“Bak sampah harus ada di beberapa titik pemukiman penduduk, agar masyarakat tidak buang sampah ke sungai,” ujar Kolonel Inf. Nazwardi Irham.
Dalam kegiatan sosialisasi gerakan masyarakat untuk Citarum Harum itu, turut dihadiri ratusan masyarakat, para kepala desa dan aparatur Kecamatan Darangdan. (Humas S13/Pena Sukma)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Oknum Perangkat Desa Ditangkap Satreskrim Polres Purworejo

PURWOREJO - wartaexpress.com - Man (35) warga Desa Lubang Sampang yang juga merupakan Perangkat Desa diamankan Satreskrim Polres Purworejo....