Selasa, 29 Oktober 2019

Kolonel Kav Purwadi : Mahasiswa Stimlog Berikan Kontribusi Nyata Peduli Lingkungan


BANDUNG - wartaekspres - Satgas Citarum Harum Sektor VII, Senin (28/10) menyambut kehadiran puluhan mahasiswa Sekolah Tinggi Manajemen Logistik Indonesia (Stimlog) sekaligus memperkenalkan berbagai persoalan lingkungan dengan memberikan kontribusi nyata pada lingkungan di bantaran Sungai Citarum, Desa Rancamanyar, Kecamatan Baleendah, Kabupaten Bandung.
Upaya yang dilakukan para mahasiswa dan Satgas Citarum itu, diantaranya melakukan penanaman 100 pohon berbagai jenis, salah satunya pohon mahoni, berlokasi di bantaran Sungai Citarum. Di Sektor VII Satgas Citarum Harum sudah dilaksanakan penanaman 7.900 pohon.
Keterlibatan mahasiswa itu berkaitan dengan program kuliah kerja nyata (KKN) tematik Citarum Harum. Sebelumnya, bantaran Sungai Citarum itu digunakan bangunan liar dan saat ini menjadi lahan kosong, sehingga dilaksanakan penanaman pohon.
Pada kesempatan yang sama, para mahasiswa memberikan santunan sembako kepada warga yang membutuhkan. Selain itu, sharring dengan para pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM), supaya mereka bisa bersaing dalam melaksanakan usahanya.
Penanaman pohon langsung dilakukan oleh Komandan Sektor VII Satgas Citarum Harum, Kolonel Kav. Purwadi, Ketua Stimlog Bandung Rahmawati Wangsaputra dan jajaran TNI dan mahasiswa Stimlog.
Di hadapan para mahasiswa, Kolonel Kav Purwadi mengatakan, bahwa program Citarum Harum ini berlangsung selama 7 tahun, dan sudah dilalui hampir 2 tahun, dengan wilayah kerja di Sektor VII meliputi 14 desa.
“Banyak persoalan yang ditemui di lapangan, di antaranya di bantaran sungai sebelumnya digunakan bangunan liar, sekarang sudah kosong dan kita menanamnya. Menanam pohon bagian dari upaya memelihara lingkungan,” kata Purwadi.
Ia mengaku prihatin melihat kerusakan lingkungan di daerah aliran Sungai Citarum. “Untuk menghijaukan lahan itu, khususnya di kawasan Situ Cisanti, Kecamatan Kertasari, membutuhkan 125 juta pohon, sedangkan yang baru ditanam 2 juta pohon. Artinya, masih membutuhkan 123 juta pohon untuk menghijaukan lahan di daerah aliran Sungai Citarum,” ujarnya.
Purwadi pun mengucapkan terima kasih kepada Stimlog yang sudah peduli melakukan penanaman pohon. Penanaman pohon ini untuk memberikan manfaat pada orang lain, mengingat 1 pohon untuk memenuni dua orang warga.
“Dalam rangka menanam pohon ini, kami harapakan para mahasiswa belajar tentang lingkungan. Lingkungan tetap dijaga dan berperan serta menjaga lingkungan dengan cara menanam pohon,” kata Purwadi.
Dikatakan Purwadi, bahwa para mahasiswa harus menjadi corong dalam menggelorakan sadar lingkungan terhadap masyarakat. “Kalau bukan kita siapa lagi? Kalau enggak sekarang, kapan lagi? Dalam rangka penataan lingkungan. Di Sektor 7 juga cukup banyak relawan yang membantu penanaman pohon,” katanya.
Sementara itu, Ketua Stimlog, Rahmawati Wangsaputra mengatakan, bahwa pelaksanaan KKN tematik Citarum Harum ini untuk memberikan kontribusi nyata pada masyarakat, selain membantu program Citarum Harum.
“Ini pembelajaran penting bagi mahasiswa untuk mempelajari kondisi lingkungan. Selain itu untuk memberikan kontribusi pada lingkungan, bagaimana para mahasiwa berpartisipasi dalam menyelesaikan masalah lingkungan,” ujar Rahmawati.
Ia berharap, dengan hadirnya para mahasiswa ke lapangan dapat berpartisipasi nyata dalam program Citarum Harum. Para mahasiwa dapat memberikan peran nyata terkait dengan masalah di masyarakat, selain menyelesaikannya.
Untuk menghadapi berbagai masalah di lapangan, para mahasiswa dibekali sikap, pengetahuan, skill, dan kemampuan. “Sikap dan karakter ini sangat penting, untuk pembelajaran guna melihat langsung kondisi di lapangan. Sehingga mereka timbul rasa berpartisipasi menyelesaikan masalah di masyarakat,” tuturnya. (Pena Sukma)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Oknum Perangkat Desa Ditangkap Satreskrim Polres Purworejo

PURWOREJO - wartaexpress.com - Man (35) warga Desa Lubang Sampang yang juga merupakan Perangkat Desa diamankan Satreskrim Polres Purworejo....