Selasa, 29 Oktober 2019

Disperdagrin Gunungsitoli Latih Pelaku IKM Mengolah Produk Kuliner Baru


GUNUNGSITOLI - wartaekspres - Sebanyak 20 pelaku industri kecil menengah (IKM) di Kota Gunungsitoli, Suamtera Utara, dilatih mengolah buah pisang menjadi lima produk kuliner khas Nias.
Pelatihan dan pembinaan pelaku IKM itu digelar oleh Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperdagrin) Kota Gunungsitoli di Museum Pusaka Nias, Jalan Yos Sudarso, Kecamatan Gunungsitoli.
Kepada wartaekspres, Senin (28/10/2019) siang, Kasi PPUI Disperdagrin Kota Gunungsitoli, Karnius Zalukhu, ST, menjelaskan, bahwa peserta dilatih cara membuat tepung, selai, sirup, keripik, dan bubur bayi dengan bahan dasar buah pisang.
"Tujuannya untuk meningkatkan produktivitas, kemampuan, karakter, pengembangan, serta menyukseskan pelaku IKM di Kota Gunungsitoli. Saat keterampilan meningkat, maka akan mempengaruhi tingkat produktivitas usaha mereka," kata Karnius.
Dia menambahkan, bahwa pelatihan terhadap IKM diharpakan dapat memotivasi, menambah wawasan, serta referensi pelaku IKM dalam aktivitas usahanya.
"Pelatihan juga memberi banyak keuntungan pada usaha yang sedang dilakukan. Karena pelaku IKM akan mengetahui cara menjalankan usaha dengan strategi yang benar. Sehingga produktifitas dan penghasilan meningkat," ujar Karnius. (Van)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Oknum Perangkat Desa Ditangkap Satreskrim Polres Purworejo

PURWOREJO - wartaexpress.com - Man (35) warga Desa Lubang Sampang yang juga merupakan Perangkat Desa diamankan Satreskrim Polres Purworejo....