Senin, 24 Agustus 2020

Kepedulian Satgas Pamtas Yonif 133/YS Terhadap TMP Dwikora

SINTANG - wartaekspres - Sebagai wujud penghormatan terhadap jasa para pahlawan serta dalam rangka peringatan HUT ke-75 kemerdekaan RI, Satgas Pamtas Yonif 133/Yudha Sakti membangun gapura dan pagar Taman Makam Pahlawan (TMP) Dwikora di Desa Senaning, Ketungau Hulu, Sintang, yang diresmikan kemarin oleh Dansatgas Pamtas Yonif 133/Yudha Sakti, Letkol Inf Hendra Cipta, S.Sos, Minggu (23/8/20).

Peresmian ditandai dengan pengguntingan pita dan penandatangan prasasti oleh Dansatgas Pamtas Yonif 133/YS, Letkol Inf Hendra Cipta, S.Sos, didampingi Bupati Sintang, dr H. Jarot Winarno dan Ketua DPRD Kabupaten Sintang, Florensius Ronny.

Dansatgas Pamtas Yonif 133/YS, Letkol Inf Hendra Cipta, S.Sos, dalam sambutannya menjelaskan, bahwa pembangunan gapura dan pagar TMP Dwikora ini dilaksanakan selama satu bulan. Yakni mulai tanggal 22 Juli sampai selesai tanggal 22 Agustus 2020.

"Pembangunan TMP Dwikora ini sebagai wujud penghormatan dan penghargaan kepada para pahlawan yang telah berjasa besar dalam merebut sekaligus mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia," jelasnya.

Selain itu, pembangunan ini juga sebagai wujud bakti TNI dalam mengenang jasa-jasa para pahlawan yang tidak hanya rela berkorban harta dan benda, tetapi juga jiwa dan raga demi tegaknya kemerdekaan bangsa Indonesia.

"Karena bangsa yang besar adalah yang menghargai jasa-jasa para pahlawannya. Oleh sebab itu, kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah ikut berpartisipasi dalam pembangunan, khususnya kepada Wadan Satgas Yonif 133/YS, karena ide pembangunan ini berasal darinya," ucapnya.

Sedangkan Bupati Sintang, Jarot Winarno mengucapkan terima kasih dan rasa hormat kepada TNI khususnya Satgas Yonif 133/YS yang telah membangun TMP Dwikora.

"Pembangunan TMP Dwikora ini hendaknya menjadi momentum bagi para generasi muda penerus bangsa dalam upaya semakin menumbuhkan jiwa nasionalisme dan bela negara," harapnya.

Ucapan senada juga disampaikan Kepala Desa Senaning dan tokoh masyarakat Ketungau Hulu. Keduanya sangat berharap, pembangunan ini akan semakin menumbuhkan kecintaan rakyat kepada TNI, sehingga dengan demikian TNI akan semakin kuat bersama rakyat.

Untuk diketahui, bahwa sebelum dilakukan perbaikan oleh Satgas Pamtas, TMP Dwikora kondisinya tidak terawat, hanya berpagar kayu yang sudah tertutup oleh ilalang. Atas inisiasi dari Satgas Pamtas selanjutnya dilakukan pembangunan gapura dan pagar.

Sedangkan di TMP Dwikora ini terdapat empat makam pahlawan, yakni Koptu Anumerta Sudjana, Yon 328, wafat pada tahun 1964, Pratu Anumerta Suhardjo, Yon 305, wafat pada 24-02-1964, Rusi Kelana, AFS Brimob, Rusi wafat 26-12-1953, Bayang (Hansip), wafat 18-02-1967.

Hadir dalam acara peresmian anggota DPRD Provinsi Kalimantan Barat, Terry Ibrahim, Forkopimcam Ketungau Hulu, para Kades se-Ketungau Hulu, para Tokoh Ketungau Hulu, pimpinan PT Sawit Ketungau Hulu, dan para Danpos jajaran SSK III dan SSK IV Satgas Pamtas RI-MLY Yonif 133/YS. (Rls/danil)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Oknum Perangkat Desa Ditangkap Satreskrim Polres Purworejo

PURWOREJO - wartaexpress.com - Man (35) warga Desa Lubang Sampang yang juga merupakan Perangkat Desa diamankan Satreskrim Polres Purworejo....