Rabu, 22 April 2020

Penandatanganan MoU Manajemen Pertades dan BUMDes Sidomukti Kab. Kebumen


KEBUMEN - wartaekspres - Dengan diluncurkannya program Pertades (Pertamina Desa) yang diprakarsai oleh PT. Mutiara Teknologi Indonesia (MTI), Semarang, Jawa Tengah, sejak pertengahan bulan Maret 2020, para kepala desa dan Direktur BUMDes di seluruh Indonesia yang letak wilayahnya jauh dari jangkauan SPBU sangat merespon dan langsung mengajukan permohonan kepada manajemen PT. MTI supaya di desanya bisa mendapatkan Program Pertades. Salah satunya adalah Desa Sidomukti, Kecamatan Kuwarasan, Kabupaten Kebumen.
“Mengingat jarak yang cukup jauh dari SPBU dan melihat peluang bisnis Pertades yang diharapkan bisa memberikan pendapatan untuk desa, saya langsung musyawarah dengan BPD, BUMDes dan tokoh-tokoh masyarakat untuk mengajukan program Pertades,” ungkap Demang selaku Kepala Desa Sidomukti, Rabu (22/4/2020).
Lebih lanjut dikatakan, bahwa setelah kami mendapatkan penjelasan secara detail dari pihak manajemen PT. MTI, baik itu company profil perusahaan, bukti jaminan suplay dari Pertamina, pasal-pasal dalam MoU, serta sharing profit untuk BUMDes.
“Maka kami langsung sepakat untuk menandatangani MoU tersebut, semua itu demi warga desa kami dan desa-desa sekitar, supaya mudah mendapatkan BBM baik itu Solar Industri maupun Pertalite dan Pertamax,” ujarnya.
Dikarakan, bahwa lahan sudah disiapkan sesuai standar ukuran 10x 8 meter/paket. “Untuk masalah dana karena BUMDes saat ini belum bisa menganggarkan 100% sesuai kebutuhan RAB, maka kami menggandeng beberapa tokoh masyarakat untuk ikut berinvestasi dalam BUMDes, sehingga terkumpul dana sesuai RAB senilai Rp. 158 juta untuk pengadaan unit Pertades Solar Industri dengan kapasitas tangki 8000 liter dan Rp. 180 juta untuk unit paket Pertalite serta Pertamax, soal sharing profit semua sudah diatur dalam MoU,” jelasnya.
Setelah lahan siap minggu depan akan dimulai mengerjakan pembangunan Pertades sesuai petunjuk PT. MTI. “Langkah ini kami ambil semata-mata demi berkembangnya usaha BUMDes serta meningkatkan PAD, sehingga desa kami menuju Desa Mandiri.
“Kami mengajak kepala desa dan BUMDes yang daerahnya jauh dari SPBU mari kita segera mengambil program Pertades ini. Jiika ingin mendapatkan informasi silahkan hubungi Pak Ahmad Yahya selaku Manajer Area PT. MTI melalui WA : 0857-4733-5758,” imbuh Demang. (Yahya)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Oknum Perangkat Desa Ditangkap Satreskrim Polres Purworejo

PURWOREJO - wartaexpress.com - Man (35) warga Desa Lubang Sampang yang juga merupakan Perangkat Desa diamankan Satreskrim Polres Purworejo....