Jumat, 24 April 2020

Nasib Pengecer BBM Pertamini Setelah Pertamina Desa Milik BUMDes


KEBUMEN - wartaekspres - Dengan diluncurkannya program Pertades (Pertamina Desa) yang dirancang khusus untuk BUMDes sebagai salah satu unit usahanya, para pengecer BBM Pertalite dan Pertamax yang menggunakan mesin pompa air (Pertamini) maupun dengan botol merasa khawatir akan gulung tikar.
Karena, selain sulit untuk kulakan di SPBU juga pastinya ketika Pertades sudah berdiri di desanya mereka berfikir akan bersaing harga, karena Pertades mendapatkan suplay langsung dari Pertamina.
Sebagaimana disampaikan oleh Kepala Desa Seboro, Kecamatan Sadang, Kabupaten Kebumen Jawa Tengah, bahwa di wilayah Kecamatan Sadang eceran Pertalite Rp.11.000 kalau Pertamax 12.000, karena jarak antara SPBU terdekat dari desa 35 km.
“Jalan rayanya pun naik turun menyusuri pegunungan. Maka dari itu dengan adanya program Pertades ini kami bersama BUMDes langsung mengajukan permohonan kepada Manajemen PT. MTI untuk segera membangun dua unit Pertades yakni Solar Industri, Pertalite dan Pertamax sekaligus,” ungkap Adi Subarkah, ST selaku Kepala Desa Seboro, Kamis (23/4/2020).
Dikatakannya, bahwa Desa Seboro ini masuk kategori desa termiskin di Kabupaten Kebumen dengan luas wilayah 1.500 hektar jumlah penduduk 8.000 jiwa terdiri dari 2.200 KK, “Harapan kami Pertades bisa menyerap 2.000 liter per hari ditambah lagi dari warga desa sekitar,” ujarnya.
“Bagi para pengecer BBM yang ada saat ini jangan khawatir gulung tikar, Karena nantinya kan bisa kulakan di Pertades. Soal harga eceran nanti kita atur dengan Perdes supaya semua bisa melayani masyarakat pengguna BBM dengan harga standar. Selain itu, keuntungan BUMDes bisa meningkatkan Pendapatan Desa sehingga akan merubah status desa termiskin di Kabupaten Kebumen menuju desa unggul dan mandiri,” pungkasnya.
Dalam kesempatan itu, hadir Misman, Direktur BUMDes dari Desa Kedunggong, Kecamatan Sadang untuk mengajukan permohonan program Pertades langsung disampaikan kepada Direktur Operasional PT. MTI Imam Anshori. (Yahya)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Oknum Perangkat Desa Ditangkap Satreskrim Polres Purworejo

PURWOREJO - wartaexpress.com - Man (35) warga Desa Lubang Sampang yang juga merupakan Perangkat Desa diamankan Satreskrim Polres Purworejo....