Kamis, 26 November 2020

Mewujudkan Pilkada Aman, Damai dan Kondusif Wakapolres Serang Gelar FGD Di Kecamatan Kibin

Usai acara FGD Wakapolres foto bersama tim

SERANG - wartaexpress.com -
Menjelang pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada)  Serentak, tanggal 09 Desember 2020, di tengah Pandemi Covid-19, Era Adaptasi Kebiasaan Baru. Kabupaten Serang, menyelenggarakan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati.

Sehubungan dengan hal tersebut, Kamis (26/11-2020) di Aula Kecamatan Kibin, Serang, diadakan kegiatan Focus Group Discusion (FGD) yang dihadiri kurang lebih 40 orang, terdiri dari beberapa pihak terkait. Diantaranya unsur Kepolisian, Kompol Didid Imawan, S.IK, Wakapolres Serang, Kompol, M Ridzky Salatun, S.IK, Kapolsek Cikande, AKP Tata S, Kanit Binmas Polsek Cikande, AKP Dodo S, Kanit Intel Polsek Cikande Ipda, Acep K, Kasubsektor Kibin, Ipda Fajar Anna, A.ST, Kanit III Sat Intelkam.

Sementara dari unsur TNI, Kapt. Inf. Sudarsono, Danramil Cikande dan beberapa orang anggota Koramil Cikande, Saepu, Kasi Trantib Kec. Kibin, Ketua dan anggota PPK Kec. Kibin, Ketua dan anggota Panwascam Kec. Kibin, serta beberapa orang lainnya.

Saepu, Kasi Trantib Kec. Kibin, dalam kata sambutannya, lebih mengetengahkan situasi tahapan Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Serang, kondisi tetap aman, sudah memasuki tahapan debat paslon. Menurutnya sudah dilaksanakan 2 kali, tinggal 1 kali lagi, akan dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 2 Desember 2020. Setelah itu, kata dia, akan menunggu hari H pelaksanaan pencoblosan.

“FGD yang diadakan ini adalah bagian dari sosialisasi protap pengamanan kelancaran Pilkada, mematuhi protokol kesehatan di tengah Pandemi Covid-19, demi keselamatan kita semua,” ujar Saepu.

”Semoga saja kegiatan yang diadakan hari ini besar manfaatnya. Justru FGD ini, adalah bagian dari sosialiasi, untuk menjaga keamanan, ketertiban dan kelancaran Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Serang tahun 2010 ini, juga mengingatkan agar kita semua ketika pencoblosan nanti tetap mengindahkan protokol kesehatan,”  tegas Saepu.

Sementara Kompol Didid Imawan, S.IK, Wakapolres Serang, dalam pemamparan materi kegiatan FGD, menjelaskan, bahwa FGD, adalah teknik pengumpulan data melalui sosialisasi, dan  menyamakan visi-misi dalam pelaksanaan Pilkada Serentak 2020 di Kab. Serang di masa pandemi Covid-19, dengan harapan pencoblosan tanggal 09 Desember 2020 nanti, berjalan aman, damai dan sejuk.

Dijelaskan Didid, bahwa daerah hukum Polres Serang terdiri dari 17 kecamatan dan 186 desa yang akan melaksanakan Pemilihan Bupati dan Wakilbupati, dengan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebanyak 680.343 jiwa. Tempat Pemungutan Suara (TPS) terjauh di wilayah Kab. Serang terdapat di Pulau Tunda, dan termasuk dalam daerah rawan secara geografis, karena dalam pendistribusian logistik Pilkada menyeberangi laut dengan kapal.

Sementara pihak Kepolisian dalam tahapan Pilkada 2020, melakukan tugas pengamanan, diantaranya PAM Kantor Bawaslu, PAM Kantor KPU, PAM Giat KPU, PAM Gudang Logistik dan PAM Giat Kampanye.

Selain melakukan pengamanan pada pelaksanaan tahapan Pilkada, lanjut Didid Imawan, pihak Kepolisian juga melakukan upaya edukasi dan penggalangan mengenai protokol kesehatan terhadap kelompok Ormas, LSM, Karang Taruna dan elemen masyarakat lainnya.

Di akhir pemaparan dan arahan Wakapolres, menekankan, bahwa pelaksanaan Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Kab. Serang tahun 2020, masih di masa Pandemi Covid-19, untuk itu diharuskan menerapkan Protokol Kesehatan, mengantisipasi terjadinya cluster Covid-19. “Selain itu, semua anggota yang melaksanakan PAM menggunakan pola body system dan tidak melakukan tindakan yang kontra produktif,” pungkasnya. (M.M)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Oknum Perangkat Desa Ditangkap Satreskrim Polres Purworejo

PURWOREJO - wartaexpress.com - Man (35) warga Desa Lubang Sampang yang juga merupakan Perangkat Desa diamankan Satreskrim Polres Purworejo....