Jumat, 27 November 2020

Bekali Babinsa Dengan Kemampuan Menulis Kodim 0318/Natuna Gelar Pelatihan Jurnalistik


NATUNA - wartaexpress.com -
Kodim 0318/Natuna menggelar kegiatan Pelatihan Jurnalistik untuk mengetahui tata cara membuat rilis berita dengan baik dan benar. Acara yang digelar di Makodim Jalan Batu Sisir, Desa Sungai Ulu, Kecamatan Bunguran Timur, Kamis (26/11/2020) tersebut, diikuti oleh 105 Bintara Pembina Desa (Babinsa) di wilayah Komando Distrik Militer (Kodim) 0318/Natuna.

Komandan Kodim 0318/Natuna, Letkol (Arm) Asep Ridwan, SH, M.Han, secara langsung membuka acara pelatihan tersebut, dalam sambutannya menjelaskan, bahwa peserta yang mengikuti kegiatan adalah para Babinsa dari 8 Koramil yang tersebar di Kabupaten Natuna dan Kepulauan Anambas, di bawah Komando Kodim 0318/Natuna.

“Saya harapkan para peserta dapat mengikuti kegiatan dengan sungguh-sungguh, supaya apa yang disampaikan oleh narasumber dapat terserap dengan baik, untuk selanjutnya dapat diaplikasikan dalam bertugas. Santai tapi serius,” pinta Asep Ridwan, kepada para peserta pelatihan.

Dandim berharap, para peserta nantinya dapat mengetahui tata cara dalam membuat rilis berita, agar setiap kegiatan Babinsa dapat melaporkan ke Komando atas dengan jelas, sesuai fakta yang terjadi di lapangan.

Sementara itu, Pasi Ter Kodim 0318/Natuna, Kapten (Arh) Agus Sungkowo, menyebutkan, bahwa selama ini masih banyak para Babinsa di setiap Koramil yang belum memahami dalam membuat laporan. “Hanya ada beberapa Koramil saja yang aktif mengirimkan rilis kegiatannya,” ucap Agus Sungkowo.

Ke depan setelah adanya pelatihan ini, ia berharap setiap Babinsa dari masing-masing Koramil dapat mengirimkan laporan dan dijadikan berita, untuk selanjutnya dikirim ke Komando atas, sebagai informasi kegiatan TNI-AD di daerah ujung utara NKRI.

Dalam kegiatan ini, Kodim 0318/Natuna mendatangkan Pemimpin Redaksi (Pemred) media harianmetropolitan.co.id, Rianto Saut Halomoan Sianipar, sebagai narasumber. Rian (sapaan akrabnya) adalah salah seorang jurnalis senior, yang tergabung di Aliansi Jurnalistik Online Indonesia (AJOI) Kabupaten Natuna.

Rian mengatakan sangat mengapresiasi kegiatan pelatihan jurnalistik yang digelar oleh Kodim 0318/Natuna terhadap para Babinsanya. Menurutnya, kegiatan ini dapat melatih para Babinsa untuk mencari informasi di setiap wilayah binaannya, agar dapat dilaporkan kepada pimpinan.

“Bapak-bapak Babinsa itu harus bisa menangkap setiap informasi dengan baik berdasarkan fakta,” ujar Rian, di sela pemaparannya. (S. Utomo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Oknum Perangkat Desa Ditangkap Satreskrim Polres Purworejo

PURWOREJO - wartaexpress.com - Man (35) warga Desa Lubang Sampang yang juga merupakan Perangkat Desa diamankan Satreskrim Polres Purworejo....