Minggu, 29 November 2020

Peringati Hari Penanaman Pohon, Amphibi Ciptakan Hutan Buatan Di Deli Serdang


DELI SERDANG - wartaexpress.com -
Dalam rangka memperingati Hari Besar Lingkungan Hidup 21 November, Hari Menanam Pohon Internasional, 28 November, Hari Menanam Pohon Nasional, 10 Januari, Hari Pencanangan 1 Juta Pohon, Aliansi Masyarakat Pemerhati Lingkungan Hidup & B3 Indonesia (Amphibi) bersama Yayasan Sosial BKS, Ikatan Paranormal Indonesia Sumatera (IPIS), Satria Kita Pancasila (SKP) Sumatera Utara, Ikatan Pemuda Karya (IPK) Medan Marelan, Tekab Ojek Online Sumatera Utara, Yayasan Sosial BKS Sumatera Utara dan KPPL Marendal 2 Patumbak, lakukan penanaman pohon secara simbolis di lahan yang akan dijadikan lokasi Aksi Besar Penanaman Pohon secara massal pada Sabtu (28/11/2020).

Sebelumnya, lembaga Amphibi pada bulan Nopember lalu telah membumingkan Program Penanaman 1 Orang Menanam 1 Pohon (One Tree One People Amphibi 2019-2020).

Pada kesempatan memperingati Hari Penanaman Pohon di bulan Nopember 2020, lembaga Amphibi telah mempersiapkan Program Manajemen Pohon yang akan bekerjasama dengan BPDASHL dan Program Peduli Sungai bekerjasama dengan BWS Sumatera II untuk periode 2020-2021.

Sebagai uji coba, di lokasi lahan seluas 4,5 hektar yang dikelilingi sungai rencananya akan ditata dan dijadikan hutan masyarakat sebagai kawasan percontohan edukasi lingkungan hidup dan ekowisata, destinasi wisata air oleh lembaga Amphibi Sumatera Utara.

Penanaman pohon secara simbolis di Desa Sidodadi Sei, Rotan Batang Kuis, Kab. Deli Serdang, Sumut, dimulai dari Ketua Amphibi Sumut (M. Nur Nainggolan. SS, MA), dilanjutkan oleh Ketua SKP Sumut (Yohan Alfaris), Ketua Umum IPIS (Suprayitno), Ketua Tekab Ojol Sumut (Uwo Bily), Ketua Amphibi Sungai Deli (Zulkarnain), Ketua KPPL Medan Marelan dan Ketua KPPL M2 Patumbak (Sumardi),  Ketua Yasos BKS Sumut (Budy Rahayu) beserta Srikandi Amphibi Sungai Deli dan Ketua IPK Medan Marelan.

Adapun pohon yang ditanam berupa pohon buah (produktif) dari BPDASHL Wampu Sei Ular, diantaranya durian, sirsak, rambutan, petai, jengkol.

M. Nur Nainggolan. SS, MA, menyampaikan, bahwa aksi besar penanaman pohon secara gabungan organisasi akan melibatkan kerjasama dengan Balai Wilayah Sungai (BWS) Sumatera II dan Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai Hutan Lindung (BPDASHL) Wampu Sei Ular serta merangkul para pelaku usaha (coorporate) untuk ikut andil dalam aksi tersebut.

Dirinya juga menyatakan, bahwa coorporrate yang telah menjalin kerjasama sosial dengan Amphibi akan kita arahkan untuk turut serta. Salah satunya PT. Musim Mas Grup. “Semoga para pelaku usaha (coorporate) lainnya akan ikut serta dalam program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL)  atau yang dikenal dengan Coorporate Social Responsibility (CSR)," jelas M. Nur.

Lebih lanjut M. Nur mengatakan, bahwa karena ini adalah aksi penanaman pohon besar-besaran, maka kami mengajak berbagai kelompok organisasi dan membentuk susunan panitia pelaksana aksi diketuai Suprayitno (Ketua IPIS) dengan Sekretaris Yohan Alfaris (Ketua SKP) dan Bendahara Uwo Bily (Ketua Tekab Ojol).

“Rencana aksi ini akan dilakukan pada 17 Desember 2020 dengan menghadirkan Gubernur Sumatera Utara dan Bupati Deli Serdang," paparnya.

Tampak dalam penanaman simbolis tersebut Ketua Umum Amphibi, Agus Salim Tanjung, So,Si. Saat ditanya pohon yang ditanam, dia menjawab, bahwa ini pohon eucalyptus. Bibit pohon Eucalytus ini dari PT. Toba Pulp Lestari, Tbk (PT.TPL).

“Kami sudah mengajukan 10.000 pohon yang akan ditanam di lokasi ini. Rencananya minggu pertama bulan Desember bibit pohon eucalyptus akan dikirim dari Porsea ke lokasi dan Kanwil Amphibi," jelas AS.Tanjung.

Dalam kesempatan acara penanaman seremonial tersebut, Agus Salim Tanjung, So,Si didampingi Ketua Amphibi Sumut, M.Nur Nainggolan, menyempatkan diri membagikan hand sanitazer, eucalyptus dan memaparkan manfaat pohon eucalyptus. Salah satunya mampu membunuh virus corona. “Daunnya disuling bisa dijadikan oil atau hand sanitazer. Sementara batang pokoknya bisa dijadikan bahan baku pulp (kertas) dan dijual ke PT. TPL. Tentunya nanti bisa sebagai penghasilan tambahan bagi masyarakat setempat," paparnya.

“Semoga PT. TPL bisa turun ke lokasi ini untuk ikut serta dalam pendistribusian TJSL/CSR-nya secara langsung," tutup AS. Tanjung. (Red/Litbang)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Oknum Perangkat Desa Ditangkap Satreskrim Polres Purworejo

PURWOREJO - wartaexpress.com - Man (35) warga Desa Lubang Sampang yang juga merupakan Perangkat Desa diamankan Satreskrim Polres Purworejo....