Minggu, 29 November 2020

Seminar Kebangsaan, Dandim Sintang : Pemuda Tonggak Utama Membangun Bangsa


SINTANG - wartaexpress.com -
Sebagai salah satu upaya pembinaan di wilayah, Komandan Kodim (Dandim) 1205/Sintang, Letkol Inf Eko Bintara Saktiawan menjadi narasumber dalam seminar kebangsan dalam rangka Miladiyah ke- XVII dan Reuni Akbar Sekolah Tinggi Agama Islam Ma'arif (STAIMA) di Aula STAIMA Sintang, Minggu (29/11/20).

Seminar kebangsaan kali ini mengusung tema "Kita Bersaudara, Bersama Tuhan Menjaga NKRI Dengan Hati".

Dandim 1205/Sintang, Letkol Inf Eko Bintara Saktiawan dalam seminar menyampaikan, bahwa pemuda adalah pemersatu bangsa, pemuda harus dapat mencegah hasutan provokasi, adu domba terhadap rakyat, mengajak seluruh anak bangsa bersatu, bergotong-royong dan menjaga keutuhan NKRI agar tidak pecah belah sesuai Bhinneka Tunggal Ika.

"Pemuda harus menjadi agen perubahan serta agen sosial. Generasi muda adalah tonggak utama dalam membangun bangsa dan negara," kata Dandim.

Dikatakan juga oleh Dandim, bahwa sebagai generasi muda kita harus bangga menjadi warga negara Indonesia. Negara Indonesia kaya akan sumber daya alam, sumber energi, pangan dan konsumen serta pasar dunia. Kekayaan alam Indonesia suatu saat nanti akan membuat iri negara-negara di dunia.

"Kaya akan sumber daya alam justru menjadi petaka buat kita, apabila tidak dikelola dengan baik. Oleh karena itu kita harus waspada," kata Dandim.

Selanjutnya menjelaskan, bahwa tantangan pemuda dalam membangun kebhinekaan di era komunikasi digital yang saat ini berbentuk ancaman non militer antara lain, isu komunisme, paham anarkis, aliran sesat terorisme, unjuk rasa anarkis, kesenjangan ekonomi dan lain sebagainya.

Termasuk adanya perang antar suku, permasalahan SARA, peredaran narkoba, kejahatan cyber dengan melakukan hacker penyebaran berita hoax.

"Oleh karena itu, sebagai pemuda kita harus bisa bijak dan bersatu, karena ancaman ke depan semakin nyata dan perlu antisipasi sejak dini," kata Letkol Inf Eko Bintara Saktiawan mengakhiri. (Rls/danil)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Oknum Perangkat Desa Ditangkap Satreskrim Polres Purworejo

PURWOREJO - wartaexpress.com - Man (35) warga Desa Lubang Sampang yang juga merupakan Perangkat Desa diamankan Satreskrim Polres Purworejo....