Senin, 30 November 2020

Desa Ketos dan Suka Maju Dikunjungi Tim Penilai Lomba Desa Bersih dan Aman 2020


SERANG - wartaexpress.com -
 Penilaian Lomba Kampung Bersih dan Aman (LKBA) dan Kampung Tangguh Covid-19, tahun 2020, di Kecamatan Kibin, Kab. Serang, Senin (30/11/2020),9 desa se-Kecamatan Kibin, yakni Desa Kibin, Ciagel, Ketos, Sukamaju, Ciagel, Tambak, Cijeruk, Nagara, Barengkok dan Desa Nambo Ilir, yang mengikuti perlombaan.

Desa Ketos dan Desa Sukamaju, mendapat kunjungan dan Penilaian ke-II, dari Tim 15 LKBA dan Kampung Tangguh Covid-19, Pemkab Serang. Tim Penilai atau Juri LBKA tersebut, terdiri dari unsur TNI-Polri, Kab. Serang, unsur Sipil, Karang Taruna dan Dinas Lingkungan Hidup Kab. Serang. Tim Penilai di dua desa tersebut didampingi unsur Pemerintahan Kecamatan Kibin dan beberapa pihak yang terkait lainnya menyaksikan penilaian yang dilakukan oleh Tim Penilai LKBA Kab. Serang.

Bripka Pol. Iwa (Tim Penilai dari Kepolisian) kepada wartawan mengatakan, bahwa tim penilai atau Tim Juri LKBA dan Penilaian Nominasi Kampung Tangguh Covid-19, terdiri dari 15 orang, diwakili dua orang dari masing-masing unsur tim penilai.

Hari ini (30/11), kata Iwa, dua desa, Ketos dan Sukamaju, mendapat penilaian tim juri, hasilnya nanti akan diumumkan setelah selesai Pilkada serantak tanggal 09 Desember ini.

“Soal hasil penilaian tim, terhadap semua desa yang mengikuti LBKA ini, nanti akan diumumkan setelah selesai Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Serang, karena beberapa poin penilaian ini akan diserahkan ke BPMPD Kab. Serang, jadi pengumumannya nantilah ditentukan oleh pihak BPMPD bersama Tim Juri.” jelas Iwa.

Dijelaskan Iwa, bahwa Tim LBKA, melakukan penilaian dengan beberapa kriteria. Antara lain kerapihan dan kebersihan lingkungan, pengelolaan lingkungan, pengelolaan sampah lingkungan dan masyarakat, pengelolaan taman, taman bermain dan taman baca, keamanan lingkungan, dan pengelolaan penanggulangan pemutusan penyebaran Virus Covid-19, yang disebut Nominasi Penilaian Kampung Tangguh Covid-19, dan ada lagi beberapa penilaian sesuai dengan lomba yang sudah ditentukan Pemkab. Serang.

Menurut Iwa, juara LBKA selain mendapat reward dan penghargaan dari pemerintah Kab. Serang, nanti bisa menjadi skala prioritas yang akan mengikuti lomba skala nasional. Yang terpenting selain dapat piala juara dan penghargaan dari Pemerintah, diharapkan pihak desa dapat mempertahankan situasi dan kondisi desa tetap sebagaimana desa mengikuti lomba, menjadi kebiasaan hidup untuk seterusnya.

Sementara Kades Ketos, Hj. Rohyati, menyambut kehadiran Tim Penilai tampak terlihat semangat, antusias warga dan kaum ibu pengajian dengan khasidahan, mengiringi tim menelusuri lingkungan desanya yang sudah tertata rapih, indah, sejuk dan aman, lengkap dengan sarana menjaga kesehatan di masa Covid-19 yang akan dinilai tim.

Sisa-sisa hujan gerimis masih terasa, namun tidak mengurangi semangat semua tim dan rombongan melakukan penilaian. Tampak Camat Kibin, Imron Ruhyadi, S.STP, M.Si, di tengah rombongan semangat mengikuti dan menyempatkan foto bersama di gerbang masuk Desa Ketos yang bertuliskan, Selamat Datang Tim Penilai Kampung Bersih dan Aman, Desa Ketos, Kec. Kibin Kab. Serang.

Sementara itu Tim Penilai di Desa Sukamaju, Kades Sukamaju, Hj. Badriah, menyambut tim bersama perangkat desa dan warganya. Tim menelusuri RT.04/Rw.01, kampung yang dilombakan, tampak tertata rapi, resik,  bersih, aman serta dilengkapi dengan sarana sesuai dengan protokol kesehatan di tengah Pandemi Covid-19.

Tim tidak memakan waktu lama melakukan tugas penilaian, kemudian foto bersama di gerbang kampung yang dilombakan. (Kampung Karenggan, Desa Sukamaju, Kec. Kibin, Rt.04/Rw.01). Tim Penilai dan rombongan sebelum pamit pulang.menyempatkan singgah di kediaman Kades Sukamaju sekedar ramah tamah.

Kades Ketos dan Sukamaju, kedua Kades perempuan itu, optimis desanya mendapat penilaian terbaik dan berharap bisa menjadi juara. Namun demikian mereka, menyerahkan sepenuhnya kepada tim penilai untuk menilai dengan seadil-adilnya. Kedua kades bersaudara itu, berharap kepada semua warganya dapat menjaga, mempertahankan desanya seperti keadaan sekarang dan seterusnya menjadi kebiasaan hidup di tengah pemukiman lingkungan yang bersih, tertata rapi, aman dan sehat. (M.M)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Oknum Perangkat Desa Ditangkap Satreskrim Polres Purworejo

PURWOREJO - wartaexpress.com - Man (35) warga Desa Lubang Sampang yang juga merupakan Perangkat Desa diamankan Satreskrim Polres Purworejo....