Sabtu, 28 November 2020

Amphibi Lakukan Uji Coba Penanaman Pohon Di Area TPA Bantar Gebang


BEKASI - wartaexpress.com -
Lembaga Lingkungan Hidup Aliansi Masyarakat Pemerhati Lingkungan Hidup & B3 Indonesia (Amphibi) dalam menyambut Hari Lingkungan Hidup pada bulan November yaitu, Hari Pohon Sedunia dan Hari Tanam Pohon, melakukan aksi penanaman pohon UPST Bantar Gebang, Sabtu (28/11/2020).

Dalam aksinya melakukan sample uji coba penanaman pohon sebagai solusi dalam melakukan penanaman pohon terutama di wilayah sekitaran zona UPST Bantar Gebang, yang dihadiri oleh perwakilan dari UPST Bantar Gebang, Ade Fatoni, Ketua Amphibi Bekasi Raya, Mohamad Hendri A, ST, Ketua Bidang SDA, Joko Santoso.

Mohamad Hendri, Ketua Amphibi Bekasi Raya mengatakan, bahwa lembaga lingkungan hidup Amphibi berinisiatif mencoba melakukan eksperimen uji coba dalam melakukan konsep tanam pohon menggunakan tanggul penahan tanah untuk memperkuat pertumbuhan akar pada bibit pohon agar layak hidup.

“Adapun beberapa jenis tanaman yang ditanam di lokasi zona 1 UPST Bantar Gebang yang diantaranya tanaman produktif, pohon pelindung, bambu jepang dan salah satunya adalah uji coba tanaman pohon mangrove yang dapat menyerap zat racun yang terkandung dalam air tanah, sekaligus penyerap zat carbon yang sangat baik." tuturnya.

Lanjut Hendri mengatakan, bahwa harapan ke depannya dalam melakukan aksi penanaman pohon  tersebut Lembaga Lingkungan Hidup Amphibi dapat merubah wajah UPST Bantar Gebang dalam pemulihan kualitas lingkungan di area UPST Bantar Gebang khususnya.

Ke depannya tidak hanya di UPST  Bantar Gebang saja, melainkan akan melakukan sinergitas dalam rangka perbaikan lingkungan hidup di TPA lain, diantaranya TPA Sumur Batu milik Pemerintah Kota Bekasi dan TPA Burangkeng milik Pemkab Bekasi.

“Untuk uji coba penanaman pohon di UPST Bantar Gebang untuk pemeliharan dan perawatan dan pemeliharaan tanggungjawab Lembaga Lingkungan Hidup Amphibi," tandasnya.

Sementara Ade Fatoni, perwaiklan dari UPST Bantar Gebang, menuturkan mengapresiasi kegiatan uji coba penanamn pohon di sekitar TPST Bantar Gebang selain memperindah area masih banyak manfaat pohon ke depannya, salah salah satunya menyerap zat carbon, terpenting perawatan ke depannya agar pohon tersebut terus tumbuh dan berkembang," tutupnya. (Tim)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Oknum Perangkat Desa Ditangkap Satreskrim Polres Purworejo

PURWOREJO - wartaexpress.com - Man (35) warga Desa Lubang Sampang yang juga merupakan Perangkat Desa diamankan Satreskrim Polres Purworejo....