Jumat, 27 November 2020

Dandim 0318/Natuna Siap Amankan Pemilukada 9 Desember Mendatang


NATUNA - wartaexpress.com -
Kodim 0318/Natuna laksanakan Apel Gelar Pasukan Internal di wilayah Kodim 0318/Natuna, yang berlangsung di Makodim Jalan Batu Sisir, Desa Sungai Ulu, Kecamatan Bunguran Timur, pada Kamis (26/11/2020). Apel dipimpin langsung oleh Komandan Kodim (Dandim) 0318/Natuna, Letkol (Arm) Asep Ridwan, SH, M.Han.

Seusai apel Dandim 0318/Natuna menjelaskan, bahwa ini merupakan kelanjutan pengamanan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) Serentak tahun 2020, di wilayah Kabupaten Natuna dan Anambas.

“Makanya saya bilang ini internal, karena kita ingin pasukan kita siap melakukan pengamanan Pemilu, saat mereka bergabung dengan personel Polres maupun satuan TNI lainnya. Kalau untuk tahapan pengamanan sudah berjalan, ini khusus dari internal kita,” terang Asep Ridwan.

Ia berharap, seluruh jajaran Kodim 0318/Natuna siap 100 persen, tanpa bergantung dengan pasukan pengamanan dari instansi lain.

Kata Asep Ridwan, bahwa pengamanan Pemilu tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, lantaran dilaksanakan di tengah Pandemi Covid-19.

“Jadi kita musti kerja double dan ekstra kerja keras. Karena selain menjalankan prosedur pengamanan yang telah ada sebelumnya, kita juga harus menerapkan protokol kesehatan, agar tidak terjadi klaster baru kasus Covid-19, baik di Natuna maupun di Anambas,” ujar Asep Ridwan.

Pria kelahiran Bandung Jawa Barat itu menambahkan, bahwa hingga sampai saat ini kasus positif Covid-19 di Natuna sudah mencapai 33 orang, sedangkan di Anambas mencapai 21 orang.

“Artinya wabah virus corona masih menghantui kita, makanya kita perlu kerja ekstra. Jangan sampai pelaksanaan Pemilu ini justru menimbulkan kasus baru. Dan ini adalah tanggungjawab kita bersama, khususnya Kodim 0318/Natuna,” kata pria yang gemar diving ini.

Diakui Asep Ridwan, bahwa dalam melaksanakan pengamanan Pemilu tahun ini, pihaknya tidak bisa berdiri sendiri. Untuk itu perlu adanya bantuan personel tambahan dari satuan lain, seperti Batalyon Komposit I/Gardapati (Yon Komposit I/GP).

Lenjut Asep Ridwan mengatakan, bahwa nantinya dari Kodim 0318/Natuna akan disiagakan sebanyak 200 personel, dan personel bantuan dari Yon Komposit I/GP sebanyak 200 personel. “Artinya akan ada 400 personel TNI AD yang akan bersiap mengamankan Pemilukada di Kabupaten Natuna dan Anambas pada 9 Desember 2020 nanti,” tegasnya.

Dari segi materi, sambung perwira berpangkat Melati Dua ini, pihaknya juga mengalami sedikit kendala. Diantaranya ada keterbatasan persediaan munisi hampa dan munisi karet. Namun untuk kendaraan operasional para personel dinilai sudah cukup memadai.

Meski dengan segala keterbatasan yang dialaminya, namun Asep Ridwan optimis bahwa pihaknya mampu untuk mensukseskan Pemilu Sehat tahun ini.

“Insha Allah kita siap mensukseskan Pemilu Sehat tahun 2020 di Natuna dan Anambas, sesuai arahan Kemendagri,” pungkas Asep Ridwan.

Hadir dalam apel gelar pasukan tersebut, Danramil 01/Ranai Mayor (Inf) Narta, Pasiter Kodim 0318/Natuna, Kapten (Arh) Agus Sungkowo, Pasi Pers Lettu (Inf) Hasan Basri, Pasi Intel Letda (Inf) Erik Sinurat, para Babinsa dan Staff Kodim 0318/Natuna. (S.Utomo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Oknum Perangkat Desa Ditangkap Satreskrim Polres Purworejo

PURWOREJO - wartaexpress.com - Man (35) warga Desa Lubang Sampang yang juga merupakan Perangkat Desa diamankan Satreskrim Polres Purworejo....