Selasa, 24 September 2019

Dinas Kesehatan Gunungsitoli Bagikan Masker Gratis


GUNUNGSITOLI - wartaekspres - Kualitas udara di Kota Gunungsitoli, Sumatera Utara, sepekan belakangan ini memburuk. Kondisi itu diduga akibat kabut asap kiriman yang berasal dari Pekanbaru Riau.
Untuk mengantisipasi dampak lainnya, Pemerintah Kota Gunungsiotli melalui Dinas Kesehatan dan BPBD setempat membagikan 6500 makser gratis kepada masyarakat serta penggedara, Selasa (24/9/2019) pagi.
Pembagian masker gratis yang menarik banyak perhatian masyarakat khusunya pengendara roda dua dan empat tersebut berlangsung seputaran Jalan Sirao, Jalan Sudirman, dan Jalan Gomo.
Kepada wartaekspres, Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Gunungsitoli, Yurniwati Harefa, S.Kep, menjelaskan, bahwa sepekan belakangan kualitas udara di Gunungsitoli memburuk akibat dampak asap kiriman dari luar Pulau Nias.
Maka untuk mengantisipasi dampak lain bagi kesehatan, pihaknya bekerjasama dengan BPBD Kota Gunungsitoli membagikan 6500 masker gratis kepada masyarakat dan pengendara.
"Selain menggunakan masker, masih banyak cara menghindari dampak buruk asap kiriman. Seperti banyak minum air, mengkonsumsi buah dan sayuran, mengurangi aktivitas di luar rumah, serta menutup fentilasi rumah dengan kain basah," kata Yurniwati.
Bila kualitas udara saat ini tidak berubah beberapa hari ke depan, lanjutnya, bukan tidak mungkin ada masyarakat yang mengalami penyakit inspeksi saluran pernafasan (Ispa).
"Menurut catatan kami, hingga kini belum ada kasus ISPA yang dialami masyarakat akibat dampak asap kiriman. Namun kita berharap, kondisi ini kualitas dapat membaik dua hari ke depan," pungkas Yurniwati. (Van)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Oknum Perangkat Desa Ditangkap Satreskrim Polres Purworejo

PURWOREJO - wartaexpress.com - Man (35) warga Desa Lubang Sampang yang juga merupakan Perangkat Desa diamankan Satreskrim Polres Purworejo....