Kamis, 25 Juni 2020

Pembekalan Kepada Pengawak Pos TNI AL Di Jajaran Lantamal XII Tahun 2020


PONTIANAK - wartaekspres - Komandan Pangkalan Utama Angkatan Laut XII (Danlantamal XII), Laksamana Pertama (Laksma) TNI Agus Hariadi, beserta Pejabat Utama Mako Lantamal XII, Wadan Lantamal XII, Kolonel Marinir Bambang Hadi Suseno, SE, serta Kadis dan Kasatker Jajaran Lantamal XII, mengikuti acara pembukaan pembekalan terhadap personel pengawak Pos TNI AL di Jajaran Lantamal XII, bertempat di Ruang Rapat Mako Lantamal XII Wajok, Kalimantan Barat, Rabu (24/06/2020).
Tujuan dilaksanakan pembekalan ini, untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman tentang peran, tugas dan fungsi Pos TNI AL sebagai pengindera dini dan pengumpul data intelijen maritim, kepada personel pengawal Pos TNI AL, sehingga data yang diperoleh dapat dijadikan acuan dalam melaksanakan tugas di lapangan.
Selain itu, juga keberadaan Pos TNI AL sebagai mata dan telinga fungsi intelijen, dimana pemilihan pendiriannya pun berdasarkan atas lokasi yang strategis serta pertimbangan eskalasi ancaman yang mungkin terjadi sehingga diharapkan segala sesuatu yang terjadi dilingkup kerja Pos TNI AL bisa diawasi, dimonitor dan dilaporkan secara cepat, tepat, dan relevan kepada komando atas.
Adapun materi yang diberikan kepada pengawak Pos TNI AL yaitu Pengetahuan tentang Alutsista yang disampaiakan oleh Dansatrol Lantamal XII, Kolonel Laut (P) Jales Jamca Jayamahe, Kamla (Ops) disampaikan oleh Pgs. Pabandya Ops Sops Lantamal XII, Mayor Laut (KH) Santana Dipura, SH.
Sedangkan Pengetahuan Intelijen Dasar oleh Pabandya Gal Sintel lantamal XII Mayor Laut (E) Ubid Setyanto dan Pabandya Progra Minprod Sintel Lantamal XII, Mayor Laut (P) Sugeng Mulyono, Potensi Maritim oleh Kadispotmar Lantamal XII, Letkol Laut (KH) Malik Nasron, S.pd, MH, Bidang Hukum, oleh Kadiskum Lantamal XII, Mayor Laut (KH) Deny Everest Haning, dan Bidang Komunikasi, oleh Pgs Kasatkom Lantamal XII, Mayor Laut (E) Khoirul, serta Pembinaan Personel oleh Aspers lantamal XII, Kolonel Laut (KH) IGN Suarsana, S.Sos, M.AP.
“Dengan adanya pembekalan ini diharapkan kepada pengawak Pos TNI AL dapat lebih tajam dalam memberikan informasi, serta lebih cepat, tepat dan relevan melalui staf intelijen yang nantinya diolah oleh staf intelijen sebagai unsur pembantu Komandan Lantamal XII menjadi produk intelijen dalam kaitannya mendukung Operasi Keamanan Laut dan sebagai bahan pertimbangan bagi pemimpin dalam pengambilan keputusan,” ujar Danlantamal XII, pada saat memberikan arahan kepada 30 orang Prajurit Pengawak Pos TNI AL di Wilayah Kerja Lantamal XII. (Rls/danil)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Oknum Perangkat Desa Ditangkap Satreskrim Polres Purworejo

PURWOREJO - wartaexpress.com - Man (35) warga Desa Lubang Sampang yang juga merupakan Perangkat Desa diamankan Satreskrim Polres Purworejo....