Selasa, 28 Februari 2023

Dansat Brimob Polda Kaltim Pimpin Upacara Pembukaan Latihan Peningkatan Kemampuan Jibom


BALIKPAPAN - wartaexpress.com -
Satuan Brimob Polda Kalimantan Timur, melaksanakan Upacara Pembukaan Latihan Peningkatan Kemampuan Penjinakan Bom (Jibom) di Lapangan Apel Mako Satbrimobda Kaltim, Selasa (28/02/2023).

Upacara Pembukaan Latihan Peningkatan Kemampuan Jibom bagi Personel Satbrimobda Kaltim Triwulan I Tahun 2023 yang dipimpin oleh Dansat Brimob Polda Kaltim Kombespol Andy Rifai, S.IK, MH.

Upacara diikuti oleh 30 personel dari Detasemen Gegana Satbrimobda Kaltim,10 personel instruktur Satbrimobda Kaltim, dan 4 SST pendamping gabungan Staf Makosat, Den Gegana dan Yon A Pelopor.

Latihan peningkatan kemampuan ini sebagai bentuk profesionalisme Korps Brimob dalam pembinaan kemampuan para personelnya. Kali ini latihan yang digelar adalah kemampuan penjinakan bom (Jibom), Salah satu kemampuan khusus yang dimiliki Satuan Brimob khususnya oleh personel Gegana.

Materi yang dilatih yaitu Manajemen Jibom, Manajemen KBR, TFG, dan Simulasi. Terselengaranya latihan ini maka telah membekali kemampuan perorangan maupun kesatuan dalam keterampilan penanganan Bom dan KBR sesuai dangan SOP.

Penjinakan Bom merupakan sebuah kemampuan untuk menangani ancaman teror berupa bom dan bahan peledak. Latihan ini selain diikuti oleh personel Gegana, juga Personel Pelopor untuk menambah ilmu kepada masing-masing personel sebagai bekal dalam pelaksanaan tugas di lapangan.

Pada kesempatan tersebut, Dansat Brimob Polda Kaltim, Kombespol Andy Rifai, S.IK, MH, menyampaikan kepada personel untuk bisa menyerap ilmu yang disampaikan oleh instruktur. “Saya harapkan personel bisa menerima dengan baik materi-materi yang disampaikan instruktur sebagai bekal dalam pelaksanaan tugas,” ucap Kombespol Andy Rifai.

“Kemampuan Jibom tidak harus personel Gegana saja tetapi seluruh personel Brimob juga harus bisa menguasainya, sebagai bekal dalam menghadapi situasi kontijensi yang ada di lapangan terkait alur penanganan jika ditemukan Bom dan Bahan peledak lainnya,” tutup Dansat Brimob. (Humas/Tun)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Oknum Perangkat Desa Ditangkap Satreskrim Polres Purworejo

PURWOREJO - wartaexpress.com - Man (35) warga Desa Lubang Sampang yang juga merupakan Perangkat Desa diamankan Satreskrim Polres Purworejo....