Jumat, 24 Februari 2023

Tokoh Masyarakat Laporkan Kades Lahusa Ke Polres Nias Selatan dan Dinas PMD


NIAS SELATAN - wartaexpress.com -
Tokoh masyarakat Desa Lahusa, melaporkan Kepala Desa Lahusa, TL, ke Polres Nias Selatan dan Dinas PMD Kabupaten Nias Selatan, atas dugaan penyalahgunaan wewenang sebagai Kepala Desa dalam melaksanakan tugas dan fungsinya sebagai kepala pemerintahan di Desa Lahusa.

Pengaduan masyarakat ini diantarkan langsung ke Polres Nias Selatan dan Dinas PMD pada tanggal 17 Februari 2023 oleh salah seorang warga masyarakat atas nama Setieli Laia. Ada begitu banyak item (poin) pengaduan yang disampaikan masyarakat terkait dugaan keseweng-wenangan Kepala Desa dalam menjalankan roda pemerintahan di Desa Lahusa, Kecamatan Lahusa.

Ada 19 poin yang diadukan masyarakat kepada Dinas PMD dan Polres Nias Selatan terkait penyalahgunaan Kepala Desa Labusa anatara lain; 1. Belum terbayarkannya BLT kepada KPM tahun 2020, bulan November dan Desember. 2. Selama kepemimpinan Kepala Desa Lahusa (TL) tidak pernah ada penjelasan DD secara rinci setiap tahunnya.

3. Dana PKK tidak pernah terealisasi selama 3 tahun. 4. Dana Desa Lahusa Tahun Anggaran 2022 sampai saat ini belum terlaksana penarikan tahap terakhir dikarenakan sebaian besar pengurus Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dan beberapa perangkat desa tidak menandatangani PAPBdes tahun anggaran 2022. Dan masih banyak lagi hingga 19 poin penting untuk dipertimbangkan oleh penegak hukum.

Seperti disampaikan oleh pelapor sekaligus tokoh masyarakat Desa Lahusa, Kecamatan Lahusa, bahwa Kepala Desa Lahusa ini sudah sangat meresahkan masyarakat, karena ketidak transparan dalam mengelola Dana Desa dan apapun yang dia lakukan seperti suka-duka dia saja.

Di tempat terpisah, awak media ini mencoba meminta tanggapan kepada salah sati aktivis di lingkukan Kabupaten Nias Selatan, yang namanya enngan disebutkan. Dia menjelaskan, bahwa oknum Kepala Desa seperti itu tidak perlu dibina lagi, mestinya dicopot dari jabatannya sekaligus dipecat dari Kepala Desa.

“Mengingat hal ini sangat berpengaruh pada pengelolaan Dana Desa untuk kemajuan pembangunan desa, seolah-olah bisa menghambat pembangunan di desa,” tutupnya. (Lukas Nd)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Oknum Perangkat Desa Ditangkap Satreskrim Polres Purworejo

PURWOREJO - wartaexpress.com - Man (35) warga Desa Lubang Sampang yang juga merupakan Perangkat Desa diamankan Satreskrim Polres Purworejo....