JAKARTA - wartaekspres - Di tengah mewabahnya Covid-19, Staf Teritorial (Ster) TNI mengajak kepada pelaku bisnis untuk melakukan transisi ke sistem online atau e-commerce sebagai salah satu alternatif wadah berbisnis di masa sekarang. Oleh karena itu, membangun rasa percaya antar pebisnis dan konsumen menjadi bagian yang sangat penting dalam mengoptimalkan sistem online.
Hal tersebut disampaikan Asisten Teritorial (Aster) Panglima TNI Mayjen TNI Madsuni, SE, saat membuka pelaksanaan Komsos Kreatif TNI TA 2020 yang diikuti oleh 500 peserta, bertempat di Aula terbuka RM. Ombak Laut, Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara, Rabu (9/9/2020).
Webinar tersebut diikuti oleh 500 peserta yang mana 50 orang hadir di tempat
acara dan 450 orang mengikuti secara virtual melalui Kotama TNI yang tersebar
di seluruh Indonesia.
Aster Panglima TNI menuturkan, bahwa bangsa Indonesia tengah
dilanda ujian yang sangat berat dengan mewabahnya
virus corona (Covid-19), yang dinyatakan oleh world healt
organization (WHO) sebagai pandemi. Hal
ini telah menjadi kegelisahan dan menimbulkan kekhawatiran
banyak kalangan termasuk di Indonesia. Sebagai bangsa yang
besar, Covid-19 menguji daya juang, kedisiplinan, kepatuhan,
ketenangan seluruh masyarakat dalam mengambil langkah cepat dan
tepat untuk menghadapi semua tantangan tersebut.
Dampak yang ditimbulkan dari pandemi virus corona saat ini telah membawa kerugian di segala sektor kehidupan. Kondisi tersebut dapat berpotensi menjadi ancaman yang kompleks seperti kesehatan dan perekonomian masyarakat.
Oleh karena itu, Mayjen TNI Madsuni mengajak seluruh peserta Webinar
agar senantiasa ikut berperan aktif mendukung program pemerintah
dalam upaya membangkitkan perekonomian yang saat ini sedang mengalami
keterpurukan agar kembali stabil seperti semula.
Aster Panglima TNI menjelaskan, bahwa banyak bisnis seperti toko
ritel, salon rambut, pergudangan, pabrik dan sektor perdagangan
lainnya mengalami penurunan pasar yang mengakibatkan banyaknya
pekerja yang dirumahkan karena wabah
Covid-19. Instruksi pemerintah menjaga jarak atau kontak di antara
masyarakat, menjadi sangat penting
bagi pelaku perekonomian untuk berinteraksi.
“Sempitnya ruang gerak antara penjual dan pembeli saat ini menjadikan sistem online sebagai jalan keluar yang paling baik di tengah pandemi,” jelasnya.
Melalui acara Webinar yang diselenggarakan Ster TNI dengan tema “Business
Strategy On Pandemi” diharapkan strategi bisnis di
tengah pandemi perlu strategi yang matang, perencanaan marketing,
dan pengaturan anggaran yang efektif untuk dapat terus menjaga
kestabilan laju bisnis. Saat ini pebisnis perlu mengubah pola
berpikirnya untuk mengesampingkan ambisi dalam mengejar keuntungan
menjadi semangat untuk dapat bertahan di
tengah pandemi, dan terus berpikir positif serta tidak
berputus asa.
Untuk menambah pengetahuan bagi pelaku bisnis peserta Webinar, Ster TNI menghadirkan beberapa narasumber yaitu Bapak M Ikhsan Ingratubun selaku (Ketua Umum Asosiasi UMKM Indonesia), Rizal Mulyana, MBA, selaku pengusaha (Dikios/Warung Moderen Ritel Digital), Toro Sudarmadi selaku selaku (Ketua Umum HIPWI) dan Teguh Yudo Wicaksono, SE, Ph.D, selaku (Head of Mandiri Institute Bank Mandiri), yang akan berbagi strategi berbisnis dalam masa pandemi serta dipandu oleh Ziza Hamzah selaku Moderator Webinar. (Puspen TNI)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar